Kajian Konsep Kontekstual Warna pada Bangunan di Kawasan Kota Tua Jakarta

Bella Mareta Thania, Ari Widyati Purwantiasning

Sari


Konsep dalam bidang arsitektur sangat beragam, salah satunya adalah konsep arsitektur kontekstual. Arsitektur kontekstual yaitu konsep yang memperhatikan lingkungan sekitar dengan mempertahankan karakter suatu bangunan khususnya pada kawasan bersejarah. Penerapan arsitektur kontekstual sangat penting pada suatu kawasan bersejarah karena dapat mempertahankan identitas suatu kawasan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami dan mengidentifikasi penerapan prinsip arsitektur kontekstual dalam segi warna pada kawasan bersejarah.  Arsitektur kontekstual dalam segi warna memiliki dua prinsip yaitu kontras dan harmoni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini memiliki dua cara dalam mengumpulkan data yaitu, melakukan observasi langsung dan mengkaji data literatur yang berhubungan dengan penelitian yang akan dijelaskan secara deskriptif. Penelitian kajian konsep arsitektur kontekstual warna pada bangunan di kawasan bersejarah ini dilakukan di Kawasan Kota Tua Jakarta yang merupakan kawasan bersejarah. Pada penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman dan hasil identifikasi penerapan prinsip arsitektur kontekstual dalam segi warna pada Kawasan Kota Tua Jakarta.


Kata Kunci


arsitektur kontekstual, penerapan arsitektur kontekstual, kawasan bersejarah, Kota Tua Jakarta

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aldilla Indira , Wiwik Setyaningsih, T. Y. I. (2018). Penerapan Arsitektur Kontekstual Pada Revitalisasi Stasiun. I(1), 37–44.

Ching, F. D. K. (2007). Arsitektur Bentuk, Ruang, Dan Tatanan.

Eunike Trifena Kolibu, E. Al. (2017). Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Di Tomohon “ Arsitektur Kontekstual .” 47–55.

Purwantiasning, Aw.; Bahri, S. (2017). (2017). An Application Of Smart Building Concept For Historical Building Using Automatic Control System. Case Study: Fatahillah Museum. International Journal Of Built Environment And Scientific Research, 01(02), 115–122. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24853/Ijbesr.1.2.115-122

Purwantiasning, A. W., Kurniawan, K. R., Maria, P., & Suniarti, P. S. (2019). Understanding Historical Attachment Through Oral Tradition As A Source Of History. 18.

Ryan Muharram, Raimundus Pakpahan, P. P. N. (2018). Studi Pengaruh Signage Terhadap Estetika Visual Koridor Jalan Ahmad Yani Medan Ditinjau Dari Aspek Harmoni Dan Kontras. 1(1).




DOI: https://doi.org/10.32502/arsir.v4i1.2321

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

   

Arsir : Jurnal Arsitektur is lisenced under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
View My Stats