Pengaruh Modifikasi Terhadap Karakteristik Tepung Gadung Termodifikasi : Studi Kepustakaan

Asca Rahayu Sukma, Sri Wahyuni, Asnani Asnani

Abstract


               Review ini bertujuan untuk melihat pengaruh perlakuan modifikasi tepung gadung terhadap karakteristik tepung gadung yang dihasilkan dan mengetahui komposisi pati tepung gadung. Proses modifikasi tepung gadung dilakukan untuk memperbaiki karakteristik tepung yang dihasilkan. Tepung gadung termodifikasi juga menghasilkan sifat tepung yang lebih baik dari tepung gadung biasa. Proses modifikasi dapat dilakukan melalui beberapa cara diantaranya adalah melalui modifikasi secara fermentasi dan annealing. Hasil review menunjukkan bahwa proses modifikasi dengan cara fermentasi menggunakan ragi tape terbukti dapat memperbaiki karakteristik tepung gadung lebih baik dari pada menggunakan modifikasi annealing, diantaranya adalah perbaikan komposisi kimia serta perbaikan karakteristik tepung gadung. Tepung gadung termodifikasi memiliki potensi untuk mensubtitusi tepung terigu pada pengolahan pangan sehingga mengurangi ketergantungan pangan terhadap terigu


Keywords


Tepung gadung modifikasi, karakteristik tepung gadung

Full Text:

PDF

References


Balagopalan C, Padmaja, Nanda SK, dan Moorthy SN. 1988. Cassava in Food, Feed, and Industry. CRC Press, Baco Raton, Florida.

Handayani MN, Cakrawati D dan Handayani S. 2016. Effect of Modified Yam (Dioscorea esculenta) Flour on some Physicochemical and Sensory Properties of Synbiotic Yoghurt. OP Conf. Series: Materials Science and Engineering. 20(1):4. 20(1): 4-5.

Harijono, Estiasih T, Sunarharum W.B, dan Rakhmita I.S. 2010. Karakteristik Kimia Ekstrak Polisakarida Larut Air dari Umbi Gembili (Dioscorea esculenta). Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Malang

Hidayat, B., Kalsum N dan Surfiana. 2009. Karakterisasi Tepung Ubi Kayu Modifikasi yang Diproses Menggunakan Metode Pragelatinisasi Parsial (Characterization of Modified Cassava Flour Processed Through Partial Pregelatinisation Method). Jurnal Teknologi Industri dan Hasil Pertanian. 14(2)151-154.

Kurniati LI, Aida N, Gunawan S, dan Widjaja T. 2012. Pembuatan Mocaf (Modified Cassava Flour) dengan Proses Fermentasi Menggunakan Lactobacillus plantarum, Saccharomyces cereviseae, dan Rhizopus oryzae. Jurnal Teknik Pomits. 1(1):1-6.

Nattapulwat N, Narumol P dan Ornamphai S. 2008. Evaluation of Native and Carboxymethyl Yam (Dioscorea esculenta) Starches as Tablet Disintegrants. Silpakorn U Science & Tech J. 2(2):21-26

Oktavianti V.C Dan W.D.R Putri. 2015. Pengaruh Modifikasi Fisik Annealing Terhadap KarakteristikTepung Ubi Jalar Ungu Varietas Ayamurasaki. Jurnal Pangan Dan Agroindustri 3(2):551-559

Pricilia, P. A. 2016. Analisis mutu tepung keladi (xanthosoma sagittifolium) dari hasil fermentasi ragi tape, ragi roti dan bakteri asam laktat dengan pendugaan umur simpan. Skripsi Penelitian. Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian. Universitas Halu Oleo. Kendari.

Richana N. 2004. Karakterisasi Sifat Fisikokimia Tepung Umbi dan Tepung Pati dari Umbi Ganyong, Suweg, Ubi Kelapa dan Gembili. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rohman, M. 2013. Kajian Kandungan Pati, Amilosa, dan Amilopektin Tepung dan Pati pada Beberapa Kultivar Pisang. Prosiding Seminar Nasional Kimia, ISBN: 978-602-19421-0-9.

Saskiawan I, dan M. Nafi’ah. 2014. Sifat Fisikokimia Tepung Gembili (Dioscorea esculenta (Lour.) Burk.) Hasil Fermentasi dengan Penambahan Inokulum Bakteri Selulolitik dan Bakteri Asam Laktat. Jurnal Biologi Indonesia. 10(1): 101-108.

Subagyo, A. 2008. Ubi Kayu: Subtitusi Berbagai Tepung-tepungan. Food Review. 18-22.

Yuniar, 2010. Karakteristik Beberapa Umbi Uwi (Dioscorea Spp.) dan Kajian Potensi Kadar Inulinnya. Skripsi. Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional Veteran. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.32502/jedb.v8i1.3445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Edible: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Teknologi Pangan

Indexed by:

      

Contact Person:
Rika Puspita Sari..MZ
Edible : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Teknologi Pangan
Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: kppfpump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/Edible

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.