PENINGKATAN UMUR SIMPAN CABAI MERAH KERITING DENGAN COATING LARUTAN GEL LIDAH BUAYA

Muchsiri Mukhtarudin, Alhanannasir Alhanannasir, Rika Puspita Sari MZ, yuli hartati

Abstract


Cabai merah keriting termasuk bahan pangan yang bersifat perishable food dan mudah mengalami kelayuan akibat respirasi dan transpirasi sehingga cenderung mudah rusak dan busuk.diperlukan teknologi pengolahan yang dapat mempertahankan kesegaran dan umur simpan cabai merah, salah satunya dengan coating senyawa yang mengandung antibakteri dan dapat membungkus atau menutup pori-pori bahan, seperti edible coating. Salah satunya gel lidah buaya.metode penelitian yang digunakan adalah rancangan acak kelompok non faktorial dengan 4 perlakuan yaitu tanpa coating lidah buaya (L0), 100% Gel lidah buaya (L1), 80% gel lidah buaya (L2) dan 60% gel lidah buaya (L3), kemudian simpan dalam kemasan plastik PE di suhu ruang selam 8 hari dengan 3 kali ulangan. Parameter yang diamati meliputi uji kadar air, analisis vitamin C dan uji ranking tingkat kesegaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar air terendah terdapat pada L3 yaitu 71,28% , sedangkan L0 sekitar 66,61 %.kadar vitamin C tertinggi terdapat pada perlakun L1 yaitu sebanyak 11,92% sedangkan L0 sebesar 4,47%. Konsentrasi gel lidah buaya sevbagai coating berpengaruh nyata terhadap tingkat kesegaran cabai merah keriting dengan tingkat kesegaran paling tinggi diperoleh pada perlakuan L1.


Keywords


Edible coating, cabai merah, umur simpan, lidah buaya, gel

Full Text:

Untitled

References


Anugrah, M. 2014. Aplikasi Edible Coating dari Karagenan dan Gliserol untuk Mengurangi Penurunan Kerusakan Apel Romebeauty. [Skripsi] Jurusan Teknologi Industri Pertanian, FTP- Universitas Brawijaya.

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2022. Produksi Hortikultura. BPS. Jakarta.

Fauziah, S, Hasyim, U.H., Maresa, S., Purnawan, i., Hendrawati, T.Y. 2020. Pengaruh Edible Coating Aloe Vera Terhadap Daya Tahan Apel, Wortel Dan Stroberi Selama Penyimpanan. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Laga, S., Sutanto, S., Fatmawati, Halik, A., Sheyoputri, A.C.A. 2021. Penggunaan edible coating dalam pengawetan buah kelengkeng Dimocarpus longabn Lour. Jurnal Ilmiah Ecosystem. Vol 21 (2) : 374-382.

Leonarita, N. 2019. Pengaruh Pelapisan dari Edible Coating Gel Lidah Buaya (Aloe vera. L.) dan Suhu Penyimpanan Terhadap Mutu dan Umur Simpan Buah Mangga (Mangifera indica. L) Potong. [Skripsi]. Universitas Andalas.

Mulyadi, A. F. (2014). Aplikasi Edible Coating Untuk Menurunkan Tingkat Kerusakan Jeruk Manis (Citrus sinensis) (Kajian Konsentrasi Karagenan dan Gliserol). Malang: Prosiding Seminar Nasional.

Sudarmadji, S; B. Haryono dan Suhardi. (1989). Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Penerbit Liberty. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jedb.v11i1.6076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edible: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Teknologi Pangan

Indexed by:

      

Contact Person:
Rika Puspita Sari..MZ
Edible : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Teknologi Pangan
Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: kppfpump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/Edible

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.