PENGARUH WAKTU SIMPAN DAN BERBAGAI JENIS MINYAK PADA PROSES PELUMURAN TERHADAP SIFAT KIMIA PEMPEK

Dimas Robi Cahyadi, Asep Dodo Murtado, Alhanannasir Alhanannasir

Abstract


Pempek merupakan makanan tradisional khas kota palembang. Pempek merupakan produk olahan yang terbuat dari beberapa bahan pangan seperti tepung tapioka, daging ikan giling, air, garam, dan bumbu-bumbu lainnya bila diperlukan untuk menambah cita rasa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu simpan dan berbagai jenis minyak pada proses pelumuran minyak terhadap sifat fisik dan kimia pempek. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang dan di PT. Bina Sawit Makmur Palembang. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (split plot design) dengan sembilan kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak tiga kali. Faktor perlakuan yang diamati petak utama yaitu waktu simpan antara lain W1 = 0 hari, W2 = 5 hari dan W3 = 10 hari dan anak petak yaitu jenis minyak antara lain M1 = Minyak sawit, M2 = Minyak kelapa dan M3 = Minyak zaitun. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah uji kimia yaitu meliputi kadar air dan kadar protein. Berdasarkan hasil analisis kadar air tertinggi pada interaksi perlakuan W1M2 (waktu simpan satu hari dengan jenis minyak kelapa) dengan nilai rata-rata 60,016% dan terendah pada interaksi perlakuan W3M1 (waktu simpan sepuluh hari dengan jenis minyak sawit). Kadar protein tertinggi pada interaksi perlakuan W1M2 (waktu simpan satu hari dengan jenis minyak kelapa) dengan nilai rata-rata 10,24% dan terendah pada interaksi perlakuan W3M1 (waktu simpan sepuluh hari dengan jenis minyak sawit) dengan nilai rata-rata 8,37%.


Keywords


Kata kunci: minyak sawit, minyak kelapa, minyak zaitun, pempek ikan gabus

Full Text:

PDF

References


Alhanannasir, Rejo, A., Saputra, D., dan Priyanto, G. 2017. Karakteristik Pempek Instan dengan Pengolahan Pengeringan Oven dan Freeze Drying. Seminar Nasional Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI). Bandar Lampung, 10-11 Oktober 2017.

Cahyadi dan Wisnu. 2008. Analisis Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan. Edisi Kedua. Bumi Akasara. Jakarta.

Coniwanti, P., Pertiwi, D., dan Pratiwi, D. M. 2014. Pengaruh Peningkatan Konsentrasi Gliserol dan VCO (Virgin Coconut Oil) Terhadap Karakteristik Edible Film Dari Tepung Aren. Jurnal Teknik Kimia. 1 (1) : 17-24.

Efrianto A, Zusneli Z, dan Maryetti. 2014. Inventarisasi Perlindungan Karya Budaya: Pempek Palembang. Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, Padang, Indonesia.

Hariyadi, P. 2014. Mengenal Minyak Sawit Dengan Beberapa Karakter Unggulnya. Jakarta Pusat: Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia.

Karneta, R., Amin Rejo, G. Priayanto, dan R. Pambayun. 2013. Difusivitas Panas dan Umur Simpan Pempek Lenjer. Jurnal Keteknikan Pertanian. 27 (2): 131-141.

Manihuruk, F.M. 2020. Pengaruh Penyimpanan Dingin Terhadap Sosis Daging Sapi yang Ditambah Ekstrak Kulit Buah Naga Merah. Jurnal Agrihumanis. 1 (1) : 55-60.

Murtado, A.D., Dasir dan Verayani, A. 2014. Hedonic Quality of Empek-empek with the Addition of Kappa Carrageenan. Food Science and Quality Management. 32 : 12-19.

Putra, B.D. 2019. Aplikasi Edible Coating Berbasis Karagenan dengan Penambahan Minyak Kelapa untuk Meminimalisasi Susut Bobot Cabai Merah (Capsicum annum L.) Pada Suhu Ruang. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung.

Suyatno dan Dasir. 2018. Karakteristik Kimia, Fisika Dan Indrawi Surimi Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus L.) Dengan Jenis Dan Waktu Penyimpanan Dingin. Jurnal Ilmu-Ilmu Teknologi Pangan 7 (1): 1-11.




DOI: https://doi.org/10.32502/jedb.v12i1.7355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edible: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Teknologi Pangan

Indexed by:

      

Contact Person:
Rika Puspita Sari..MZ
Edible : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Teknologi Pangan
Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: kppfpump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/Edible

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.