PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG PUTIH (Allium Sativum L) DAN LAMA PERENDAMAN TERHADAP UMUR SIMPAN PEMPEK IKAN GABUS

Permata Della, Asep Dodo Murtado, suyatno suyatno

Abstract


Pempek merupakan makanan tradisional khas Palembang Sumatera Selatan yang terkenal di seluruh Indonesia. pempek dibuat dari campuran bahan dasar seperti daging ikan giling, tepung tapioka, garam dan bumbu penyedap yang kemudian dimasak dengan cara direbus. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak bawang putih (Allium sativum L) dan lama perendaman terhadap umur simpan pempek ikan gabus. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium kimia Universitas Muhammadiyah Palembang dan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan. Metode yang digunakan adalah metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara Faktorial dengan sembilan kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak tiga kali. Faktor perlakuan yang diamati yaitu konsentrasi ekstrak bawang putih antara lain E1 = 10%, E2 = 30% dan E3 = 50% dan lama perendaman antara lain L1 = 10 menit, L2 = 20 menit dan L3 = 30 menit. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah uji kimia yaitu meliputi kadar air serta keberadaan lendir secara visual. Berdasarkan hasil analisis kadar air tertinggi pada interaksi perlakuan E1L1 (nilai rata-rata 59,139%) dan terendah pada interaksi perlakuan E3L3 (nilai rata-rata 54,323%). Interaksi perlakuan E3L3 (konsentrasi ekstrak bawang putih 50% dan lama perendaman 30 menit) pada hari ke 11 penyimpanan pada suhu dingin belum mengalami terdapat lendir di permukaan pempek ikan gabus. Sedangkan interaksi perlakuan lainnya sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan pempek ikan gabus pada penyimpanan hari ke 10, kerusakannya semakin meningkat dengan bertambahnya waktu simpan. Interaksi perlakuan E3L3 (konsentrasi ekstrak bawang putih 50% dan lama perendaman 30 menit) menghasilkan pempek dengan umur simpan terbaik yaitu selama 12 hari.


Keywords


Umur Simpan, Bawang Putih, pempek ikan gabus

Full Text:

PDF

References


Alhanannasir dan A.D. Murtado.2020. Karakteristik Kimia dan Organoleptik Pempek Lenjer Kecil Kering dengan Perlakuan Konsentrasi CaCl?. Jurnal Agroteknologi. 14(01):69-77.

Hendra. 2017. Pengaruh Pemberian Ekstrak Bawang Putih (Allium sativum L) dan Lama Penyimpanan Terhadap Daya Awet Tahu Putih. Jurnal Biota. 3 (2) : 54-65.

Kulsum. 2014. Aktivitas Antifungi Ekstrak Bawang Putih dan Black Garlic Varietas Lumbu Hijau dengan Metode Ekstraksi yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Candida albicans. Skripsi FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Lingga ME, Rustama M.M. 2017. Uji aktivitas antibakteri dari ekstrak air dan etanol bawang putih (Allium sativum) terhadap Bakteri Gram Negatif dan Gram Positif yang diisolasi dari Udang Dogol (Metapenaeus monoceros), Udang Lobster (Panulirus sp), dan Udang rebon (Mysis dan Acetes). Jurnal Ilmiah Biologi. 5 (2): 17-24

Mahayani, A., dan Nirmalawaty, A. 2021. Karakteristik Kimia Pempek Akibat Penambahan Konsentrasi Ekstrak Kulit Buah Naga Dan Metode Penyimpanan. Jurnal Stigma. 14 (1): 10 – 17.

Murtado, A D., dan Verayani, A. 2014. Hedonic Quality of Empek-Empek with the Addition of Kappa Carrageenan.and Flour Porridge. Food Science and Quality Management ISSN. 34: 1 - 6.

Oktavianti, D. 2016. Pengaruh Filtrat Bawang Putih (Allium Sativum) Terhadap Jumlah Koloni bakteri pada Filet Ikan Bandeng (Chanos chanos). Prosiding Seminar Nasional. Program Studi Biologi dan Pusat Studi Lingkungan. Universitas Malang. Skripsi. FAPERIKA IPB. Bogor.

Purwantiningsih, T. I.,Rusae, A., danFreitas, Z. 2019. Uji In Vitro Antibakteri Ekstrak Bawang Putih sebagai Bahan Alami untuk Menghambat Bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Sains Peternakan, 17(1): 1-4.

Tambunan, R. D. 2009. Keempukan Daging dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung.

Wibowo, S. 2007. Bawang Putih, Bawang Merah dan Bawang Bombay. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jedb.v12i1.7356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edible: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Teknologi Pangan

Indexed by:

      

Contact Person:
Rika Puspita Sari..MZ
Edible : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Teknologi Pangan
Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: kppfpump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/Edible

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.