PENGARUH PERILAKU GURU DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI SERTA DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR SISWA DI KECAMATAN TALANG UBI
Abstract
in teaching and learning motivation of students simultaneously influence the
students’ learning outcomes the students of state senior high school in the
district of Talang Ubi regency of Penukal Abab Lematang Ilir. For the effect
of partially found that there are a positive and significant influence teachers’
behavior partially on students’ learning outcomes, and there is a significant
negative influence of variations of teaching and students’ learning motivation
partially on students’ learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afrianti, Ratih Widhita. 2010. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Malang
Pelajaran IPS.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT.
Aksara.
Azizah, Sri Mega lailatul. 2011. Pengaruh Perilaku Guru dan Motivasi
Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas VIII Pada Mata
Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta : PT. Rineka Cipta.
-----------------------------.2010. Guru dan Anak didik Dalam Interaksi
Edukatif. Jakarta : Raja Grafindo.
Farida. 2013. Hubungan keterampilan guru dalam memberikan variasi
mengajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
stenografi kelas XI AP SMK Negeri 1 Tebing Tinggi tahun ajaran
/2013. 2013.
Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
-----------------------,2014. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : Sinar
Baru Algesindo.
Istijanto. 2005. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama.
Kasmadi. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Marno dan M. Idris. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar :
Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Pardede, Ratlan. 2014. Analisis Jalur (Path Analaysis). Jakarta : Rineka
Cipta.
Sari, Intan Purwita.2013. Hubungan variasi gaya mengajar guru dengan
motivasi belajar siswa Kelas V SD Negeri No. 107415 Batang
Kuis tahun ajaran 2012/2013.
Sardiman, AM. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :
Sinar Baru Algensido Offset.
Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Kencana
Surya, Muhamad. 2014. Psikologi Guru : Konsep dan
Aplikasinya. Bandung : Alfabeta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia
edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
Ulya, Uly. 2012. Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Dan
V Pada Mi Riyadlotul Ulum Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten
Demak Tahun Ajaran 2011/2012.
Wawan, A dan Dewi M. 2010. Teori dan Pengukuran : Pengetahuan, Sikap
dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.
DOI: https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1580
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmu Manajemen is published by Pascasarjana Management Department. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED / ABSTRACTED