Pengaruh Differensiasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Richeese Factory Rempoa

Ardha Danawira

Abstract


The culinary industry is mushrooming along with the busyness of the community and its high mobility. One such industry is fast food. Competition in the fast food industry is also growing fast so differentiation is needed to win the competition. This research discusses the difference between product and service quality with the decision to buy fast food Richeeese Factory Rempoa, South Jakarta. In this study a sample of 133 fast food respondents was used in Rempoa, South Jakarta. This study uses a survey method by collecting data directly, which is derived from a questionnaire distributed to the sample. Sampling uses non-probability sampling with accidental sampling method. The results of the study prove that there is an effect of differentiation and product quality both simultaneously and partially on the decision to purchase fast food from Richeese Factory, Rempoa, South Jakarta.

Keywords


Product Differentiation, Service Quality, Purchasing Decisions

Full Text:

pdf

References


Buku

Daryanto dan Setyobudi, Ismato. 2014. Konsumen dal Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran: Jilid 1 & 2. Jakarta: Gramedia

Kotler, Philip & Amstrong, Garry. (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran: Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Indeks.

Lovelock, Christopher & Wright, Lauren K. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT Indeks.

Simamora, Bilson. 2001. Remarketing for Business Recovery (sebuah pendekatan riset). Jakarta: Gramedia

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi

Jurnal

Ariska, Winda Nurul dan Hadiyati, Rini. tt. Pengaruh Diferensiasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda pada PT. Balindo Cabang Luwuk. Jurnal EMOR. Volume 2 (1) : 96 – 111

Basith, Abdul, dan Fadhilah, Faris. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan pembelian Produk Pada McDonalds Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi 9(3) : 191-202

Budiarsih, Retno. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Di Kora Kediri. Simki-Economic 1(9): 1-12

Dwihapsari dan Murni. 2017. Pengaruh Positioning, Diferensiasi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Buku Mimpi Sejuta Dolar dengan Promosi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Widya Ekonomika. Volume 1 (2) : 104 – 111

Elan, Umi dan Edditio. 2012. Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di WTC Surabaya. Jurnal Gema Ekonomi. Volume 1 (2) : 101 – 116

Kurniasari, Nova Dhita dan Santoso, Suryono Budi. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jalan Sriwijaya 11 Semarang). Diponegoro Journal of Management 2(2): 1-12.

Nugraha, Sukma Adi. 2018. Pengaruh Differensiasi Harga, Lokasi, dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Pemancingan dan Restoran Tirta Alam Kabupaten Kediri. Simki Economic 2(3): 1-14

Pandensolang, Josiel Driand dan Tawas, Hendra N. 2015. Pengaruh Diffferensiasi, Kualitas Produk dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Coca Cola Pada PT Bangun Wenang Beverges Company di Manado. Jurnal EMBA 3(3): 1113-1124.

Puspitasari, Eka Dian, Welly Nailis. 2017. Pengaruh Lokasi dan Citra Merek Terhadap Keputusan pembelian Konsumen ( Studi Kasus Pada Konsumen KFC Dermaga Pont Palembang). JEMBATAN Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan XV (1) : 23-32.

Rachman, Denny Aditya dan Suryoko. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Rumah Makan Wajan Mas Kudus). Diponegoro Journal of Social And Political Science : 1-8

Ratnasari, Aprillia Dewi dan Harti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan pembelian di Djawi Labistro Coffee And Resto Surabaya. Jurnal Tata Niaga 3(3) : 1-11.

Sahetapy, Jeofer Pratama. 2013. Differensiasi Produk, Strategi Merek, pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Meubel UD Sinar Sakti Manado. Jurnal EMBA. Volume 1 (3) : 411 – 420

Santoso, Imam. 2016. Peran Kualitas Produk Dan Layanan, Harga dan Atmosfer Rumah Makan Cepat Saji Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Teknologi 15(1): 94-109.

Simamora, Fauziah Nur dan Situmeang, Eva Yanti. 2018. Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibulga. Jurnal Insitusi Polieknik Ganesha Medan : Juripol. Volume 1 (1) : 68 – 79

Simamora, Idham Kurnia., Djoko W, Handoyo, dan Widayanto. 2013. Pengaruh Harga, Citra Merek, Positioning, dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Jamu PT. Njonja Meneer (Studi Kasus pada Pondok Jamu Njonja Meneer Depok-Semarang). Doponegoro Journal of Social and Politic. 1 – 12

Syarif, Sunanta dan Mundir, Faisal. 2008. Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Flasdisk Kingston. Jurnal Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis. Volume 7 (14) : 45 – 82

Yulianto, A. Roni dan Permatasari, Carolina Lita. 2019. Relevansi Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap pembelian Kuliner. Jurnal Ecodunamika Vol. 2 No. 2 Thn 2019




DOI: https://doi.org/10.32502/jimn.v9i1.2119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen is published by Pascasarjana Management Department. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED / ABSTRACTED

     BASE Logo      logo