Kualitas Pelayanan, Harga, dan Keputusan Pembelian Go-Food di Kota Palembang

Siti Noor Azizah, Ahmad Maulana, Ahmad Maulana

Abstract


This study aims to find out the effect of service quality and price on GoFood purchase decisions on general users of GoJek app services in Palembang City. GoFood applications are currently in high demand by many consumers or the public. This is because lifestyle changes are all practical, flexible, and more efficient. This study discusses the Palembang city community in the use of GoFood application services that are seen as quality of service (X1) and price (X2) against purchase decisions (Y), with the spread of questionnaires of as many as 100 respondents. The results will be collected is then analyzed using multiple regression analysis techniques that have been tested for validity and reliability. The results of this study show that, there is a positive and partial significance between the quality of service variable by purchase decision, and the price variable by purchase decision, There is a positive and significant simultaneous effect of service quality and price on GoFood purchase decisions in Palembang. This means that the people of Palembang will increase the purchase of food and drinks through GoFood application services.

Keywords


service quality, price, purchase decision

Full Text:

PDF

References


Abadi, F., & Herwin. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Beras Organik di Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1–8.

Abadi, K. (2021). Determinan Keputusan Pembelian Wallpaper Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan , Promosi Online dan Word of Mouth Pada K.A Wallpaper Kediri. Jurnal Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNP Kediri (SENMEA), 6(1).

Agustini, N. P. E., & Suasana, I. G. A. K. G. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks di Bali. Jurnal Buletim Studi Ekonomi, 25.

Alimansyah, N., Krisnawati, D., & Utomo, F. C. (2022). Pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pelanggan burger king jatiasih. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 10(April 2022).

Anugrah, I. B., Nurfarida, I. N., & Sarwoko, E. (2021). Determinan keputusan pembelian di Shopee?: online customer review , brand image dan promosi Pendahuluan. Jurnal Management Dan Business Review, 5(2), 239–250.

Aritonang, V. A., Lim, I., Chandra, D., Hendri, & Marpaung, F. K. (2022). Determinan Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Prima Indonesia. 6(2), 600–614.

Barus, C. S., & Silalahi, D. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1–15.

Dewi, N. A., & Muslihat, A. (2022). Determinan Keputusan Pembelian Produk UNIQLO di Karawang Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 257–262.

Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee di Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(4), 3340–3353.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. ., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya

Buyungon Amurang. Jurnal Produxctivity, 2(1), 69–72.

Halilintar, M., & Wahyudi, F. (2020). Faktor Determinan Keputusan Pembelian Online PT.Shopee Internasional Indonesia. Jurnal Manajemen FE-UB, 08(1).

Harun, A., & Salmah, N. N. A. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Pelanggan Berdasarkan Kepercayaan dan Kemudahan Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga, 27.

Kotler, P., & Susanto, A. B. (2016). Marketing Manajemen edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.

Marpaung, N. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang “ biru ” di jl. jembatan 5 pondok timur – kota bekasi. Jurnal Parameter, 5(2), 12–25.

Muhyiddin, et.al. (2017). Metode Penelitian Ekonomi dan Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan ). Jurnal Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(1).

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Alat Kesehatan pada Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. DYZA Sejahtera Medan. Jurnal Warta, 59.

Nurhaliza, & Rakhmawati, S. (2022). Determinan keputusan pembelian konsumen pada marketplace shopee. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 10–19.

Ramadhanty, R. N., & Fikriyah, K. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Jilbab Melalui Online Shop. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 40–55.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.

Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta..

Syahrial. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Go-Food. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2).

Tjiptono, F., & Greforius, C. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi, 32.

Utami, A. A., Zahrudin, & Ramadhanti, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ojek Online PT GO-JEK Indonesia. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 6(2), 137–156.

Yazid, I., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Apotek K-24 Jl. Gadjah Mada Yogyakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 40.

Yolanda, A. L., & Nuryati. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Go-Food Pada Go-Jek Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 7.

Zharfaningrum, D., Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., & Waris, A. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Online di Instagram?: Perspektif Promosi , Kemudahan , Kualitas Informasi dan Kepercayaan. 7(2)




DOI: https://doi.org/10.32502/jimn.v13i2.6742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen is published by Pascasarjana Management Department. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

INDEXED / ABSTRACTED

     BASE Logo      logo