Jumlah Optimal Bahan Baku “Pempek DODO” Single Item Single Supplier dan Multi Item Single Supplier

Ivana Zerlinda, Agustinus Agustinus, Dwi Dwi, Alfonsus Alfonsus, Theresia Sunarni

Abstract


Persediaan bahan baku yang baik dapat membuat perusahaan tidak kekurangan bahan baku dan biaya yang dikeluarkan juga optimal. Adapun UKM Pempek DODO yang memiliki bahan baku yang lebih dari satu jenis. Selama ini pemesanan bahan baku selalu dilakukan setiap 2 kali sekali dalam satu minggu sehingga dalam satu tahun sekitar melakukan pemesanan selama 96 kali. Oleh karena itu ada baiknya pemesann bisa diminimumkan agar biaya dapat lebih dioptimalkan Salah satu metode yang dapat digunakan adalah EOQ (Economic Order Quantity). Karena ada bahan baku yang satu jenis dan memiliki satu supplier maka menggunakan metode EOQ single item single supplier. Sedangkan bahan baku yang memiliki kesamaan supplier menggunakan metode EOQ multi item single supplier. Dengan metode ini diharapkan dapat mengetahui jumlah pemesanan dan frekuensi optimal pada setiap bahan baku dengan asumsi tanggal kadarluarsa diabaikan. Maka hasil dengan metode EOQ total biayanya sebesar Rp 327.756.675,5 yang berarti menghemat biaya sebesar Rp 3.755.300.


Keywords


EOQ; single item; multi item

Full Text:

PDF

References


Bahagia, N. S. 2006. System Inventory, ITB, Bandung.

Ellhasya, Wise., Hendro, P. & Lisye, F. 2014. Rancangan Sistem Pegendalian Persediaan Bahan Baku Kue Kering Menggunakan Metode Single Item Single Supplier Dan Multi Item Single Supplier (Studi Kasus Di Pt Bonli Cipta Sejahtera/ J&C Cookies Bandung), (Online), (https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/re k aintegra/article/viewFile/576/748, diakses pada 25 Juni 2019).

Greene, J. H. 1974. Production and Inventory Control: System and Decision, Revised Edition, Richard D. Irwin Inc., Homewood, Illinois.

Hadiansyah, Dea Y., Fifi., H. M., & Arie. D. 2015. Rancangan Sistem Pengendalian Bahan Baku Menggunakan Model Multi Item Single Supplier Di PT Agronesia Divisi Industri Es Bandung. (Online), (Https://Docp layer.Info/29546253- Rancangan-Sistem-PengendalianBahan-Baku-Menggunakan-ModelMulti-Item-Single-Supplier-Di-PtAgronesia-Divisi-Industri-EsBandung.Html, diakses pada 26 Juni 2019).

Nasution, A. H., & Prasetyawan, Y. 2008. Perencanaan Dan Pengendalian Produksi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ristono, A. 2007. Manajemen Persedian, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tersine, R. J. 1994. Principles of Inventory and Materials Management, Elsevier Science Publishing Co., Inc, New york.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v5i1.2975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.