Analisis Postur Kerja pada Pengangkutan Buah Kelapa Sawit menggunakan Metode RULA dan REBA

Ananda Valentine, Nidya Wisudawati

Abstract


Aktivitas pengangkatan dan penurunan buah kelapa sawit merupakan aktivitas yang memiliki risiko cidera yang tinggi dengan berat beban tertentu, secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit ataupun cedera tulang bagian belakang, terlebih jika pekerjaan tersebut dilakukan dengan tidak benar. Aktivitas ini merupakan pekerjaan yang sangat berbahaya, sehingga kemungkinan pekerja mengalami keluhan muskuloskeletal.  Penelitian ini bertujuan untuk mengukur serta mengetahui  postur kerja pekerja. Pengukuran dilakukan pada tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rapid Uper Limb Assessment (RULA) dan Rapid Entire Body Assessment (REBA). Hasil pengukuran didapat skor rata-rata Rapid Uper Limb Assessment (RULA) yaitu 5 termasuk kedalam Action List 3 dengan risiko sedang dan menunjukkan bahwa penyelidikan dan perubahan dibutuhkan segera. Hasil pengukuran Rapid Entire Body Assessment (REBA) didapat skor rata-rata yaitu 11 termasuk kedalam Action List 4 dengan level risiko sangat tinggi dan tindakan perbaikan perlu saat ini juga. Usulan perbaikan yang efektif yaitu berupa rekomendasi alat bantu katrol.


Keywords


RULA; REBA; Muskuloskeletal

Full Text:

PDF

References


AGPS. 1990. National Occupational Health and Safety Commision, national Standard for Manual Material Handling (Jurnal)

Ayoub, M and Dampsey, P. G. 1999. The Psychophysical Aporoachto Material Handling Task Design. Ergonomic vol. 42, No.1 PP :17-31

Bridger, R.S. 1995. Introduction to Ergonimic. Mc-Graw Hill Inc. Singapore. (Jurnal)

Budiman Edi, dan Setyaningrum, R. Perbandingan Metode-Metode Biomekanika Untuk Menganalisis postur Pada Aktivitas Manual Material Handling (MMH).

Charoonsri R. Nataya, Mardi S. Dian, dan Alexander Fransiskus. 2008. Identifikasi Resiko Ergonomi Pada Stasiun Perakitan Daun Sirip Diffuser. Jakarta Barat: Universitas Trisakti.

Garnjean, E. 1993. Fitting the task to the man, 4th ed. Taylor and Francis inc. london

Harun Ismail A dan Fauzi Hery. 2004. Analisis Perancangan Kerja yang Ergonomis Untuk Mengurangi Kelelahan Otot dengan Menggunakan Metode REBA Pada CV.Sinar Persada Karyatama. Ismael.aaron3@gmail.com

Mas’idah Eli. 2011. Analisa Posisi Kerja dan Beban Kerja dengan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA). PT. Masscom Graphy. Semarang.

McCabe, Warren L, dkk. 1993. Unit Operation Of chemical Engineering. McGraw Hill: New York.

Muharmi ike dan Ariesyady Dwi H. 2007. Penilaian Ergonomi Terhadap Beban Dan Posisi Kerja Manual Material Handling di Departemen Maintenance Support Service. PT. Chevron Pasific Indonesia: Bandung. goddest_ike@rocketmail.com, herto@ftsl.itb.ac.id

Mustafa Hadi, Muh.Ir. Teknik Berkebun Kelapa Sawit. Penerbit: Adicita Karya Nusa, yogyakarta, 2004.

Nag, PK. Power Plant Engineering, second edition, penerbit : Mc Graw Hill. 2002.

Nurmianto, E. 1996. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT. Guna Widya. Staton, Neville. Allan hedge (2005). Handbook of Human Factors and ergonomics metods. Prentice hall of International Series. New Jersey.

PT.Sentosa Bahagia Bersama. 2007. Manual Book. Sumatera Selatan. Ginting, Rosani. 2007. Sistem Produksi. Graha Ilmu : Jakarta.

Syalkhin, P Diterjemahkan oleh Ir. Zulkifli Harahap, Turbin Uap, Penerbit Erlangga, Jakarta 1999.

Suyatno, Risza IR. Kelapa Sawit Uapaya Peningkatan Produktivitas, Ikanisius, Yogyakarta, 1994.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v5i2.3146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.