Pengendalian Kualitas Layanan Service After Sales Dengan Menggunakan Metode Six Sigma Di Auto2000 Plaju Palembang

Devie Oktarini, Faizah Suryani, Jaka Bajawijaya

Abstract


PT. Astra International Tbk-Toyota Sales Operation adalah main dealer Toyota terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang penjualan, perawatan dan perbaikan serta penyediaan suku cadang. Kenaikan angka proses maintenance ringan dan berat Auto2000 Palembang menunjukan semakin menurunnya kualitas service sparepart. jika kondisi ini terus berlanjut akan berdampak negatif pada tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan service Auto2000 Plaju Palembang sebagai pemeran dalam pengelolaan jaringan perawatan dan perbaikan serta penyediaan suku cadang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengendalian kualitas menggunakan alat bantu statistik bermanfaat dalam upaya mengendalikan kualitas layanan perusahaan. Analisis dengan metode six sigma dilakukan dengan menggunakan alat bantu statistik berupa cheeck sheet dan histogram untuk menyajikan data agar memudahkan dalam memahami keperluan data selanjutnya. Kemudian dilakukan identifikasi pada jenis maintenance yang dominan dan menentukan prioritas menggunakan diagram pareto didapatkan persentase terbesar yaitu 67,8% sehingga jenis maintenance tersebut dapat diprioritaskan. Untuk menentukan ambang batas digunakan peta kontrol didapatkan perhitungan batas kendali atas 256,844427 dan kendali bawah -5852,748847 dan garis tengah 0,25225325. Dalam six sigma didapatkan level 1,638021. Selanjutnya mencari penyebab terjadinya penurunan kualitas layanan yaitu disebabkan oleh faktor manusia, mesin, material dan lingkungan. Kemudian diproses menggunakan diagram sebab akibat untuk kemudian dapat disusun sebuah rekomendasi atau usulan perbaikan kualitas.


Keywords


Diagram sebab-akibat; Peta kendali; Kualitas pelayanan; dan Six sigma

Full Text:

PDF

References


Wahyuni, Catur, Hana., Sulistiyowati,Wiwik dan Khamim, M., 2015. Pengendalian Kualitas. Graha Ilmu. Yogyakara

Feigenbaum, Armand V. 2009. Total Quality Control. Trind Editions New York: McGraw Hill Inc.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 jilid 1.Erlangga, Jakarta.

Wahyu, Ariani Dorothea. 2009. Manajemen Kualitas. Yogyakarta: Andy Offset

Irwan and Haryono, Didi. 2015. Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Alfabeta, Bandung. ISBN 978-602-289- 176-5

Sofjan, Assauri 2017. Manajemen Produksi Dan Operasi, Edisi Revisi Sofjan, Assauri – Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Tannady, Hendy. 2015. Pengendalian Kualitas. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Reksohadiprodjo, Sukanto dan Indriyo Gitosudarmo. 2009. Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE.

Heizer, Jay & Barry Render.2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Edisi Sebelas. Diterjemahkan Oleh Hirson Kurnia, Ratna Saraswati, david Wijaya.

Gaspersz, Vincent. 2011. “Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries”.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Deeb, S., Haozi, H, B, E., Aubry, A., Dassisti, M., 2018, A generic framework to support the implementation of six sigma approach in SMEs, IFAC-PapersOnLineVolume 51, Issue 11, Pages 921-926.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v6i2.3993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.