Menurunkan Reject Misrun Area Dinding Chain pada Cylinder Head Tipe X di Produksi LPDC Perusahaan Otomotif

Wahyudi Wahyudi, Ramanda Ferdiansyah

Abstract


Pengendalian kualitas merupakan aktivitas untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan, agar produksi sesuai dengan spesifikasi produk yang telah ditetapkan perusahaan. Pengendalian kualitas menggunakan metode eight steps merupakan sebuah pemahaman yang dapat menganalisis sebuah hasil proses produksi. Hal ini dapat mendeteksi sebuah produk manufaktur yang dihasilkan dari proses produksi sehingga dapat diketahui sebab akibat sebuah produk yang dihasilkan dalam kondisi baik atau reject. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbaikan kualitas pada produksi casting. Penelitian berfokus pada reject misrun area dinding chain yang ditemukan pada produksi low pressure die casting di Perusahaan Otomotif. Hasil penelitian terhadap proses produksi casting yang sedang berjalan masih ditemukan beberapa reject pada hasil produksi khususnya pada proses low pressure die casting (LPDC). Reject terbesar yang muncul pada produksi LPDC berada pada produk tipe X, dimana jenis reject tertinggi yaitu misrun area dinding chain dengan angka persentase 0.98 %. Setelah dilakukan perbaikan menggunakan metode eight steps, reject misrun area dinding chain dapat turun menjadi 0.64 % dan sudah mencapai target perbaikan

Keywords


eight steps; cylinder head; misrun; reject

Full Text:

PDF

References


A. Wicaksono, H. S. Suasono, and I. Setiawan, “Menurunkan Waktu Kegiatan Inspeksi dengan Pembuatan Sistem Alat Bantu Kerja Work Order Maintenance di Perusahaan Otomotif dengan Pendekatan DMAIC,” J. PASTI, vol. 17, no. 3, pp. 319–330, 2023.

T. Haryanto and I. Bachtiar, “Perbaikan Kualitas Proses Pembuatan Produk Standar Motor dengan Menggunakan Metode Six Sigma,” pp. 50–54, 2020.

N. A. R. Pane and A. Sudiyanto, “Proses Pengecoran Dan Manufaktur Logam,” J. Metall. Eng. Process. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 123–130, 2021.

Saryanto, H. H. Purba, A. Trimarjoko, and F. Fatahillah, “Quality improvement of remanufacturing lift arm using six sigma methods in the heavy-duty industry in Indonesia: A case study,” Oper. Res. Eng. Sci. Theory Appl., vol. 3, no. 2, pp. 24–38, 2020, doi: 10.31181/oresta2003024s.

I. Setiawan, H. H. Purba, and F. Debora, “A systematic literature review of implementation six sigma in manufacturing industries,” Oper. Excell. J. Appl. Ind. Eng., vol. 12, no. 3, p. 319, 2020, doi: 10.22441/oe.2020.v12.i3.005.

V. Fernando, I. Setiawan, Y. Rizki, H. H. Purba, and F. N. Azizah, “Analysis Capability Process of Fuel Tank Production: A Case Study in Manufacturing Industry,” J. Knowl. Ind. Eng., vol. 9, no. 1, pp. 24–34, 2022, doi: 10.35891/jkie.v9i1.2919.

G. M. R. Sulaeman and I. N. Gusniar, “Analisis Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Quality Control Circle pada Part JK6000 di PT. XYZ,” J. Serambi Eng., vol. 8, no. 2, pp. 5029–5036, 2023, doi: 10.32672/jse.v8i2.5665.

Khamaludin and A. P. Respati, “Implementasi Metode QCC untuk Menurunkan Jumlah Sisa Sampel Pengujian Compound,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 18, no. 2, pp. 176–185, 2019, doi: 10.25077/josi.v18.n2.p176-185.2019.

A. Irwanto, D. Arifin, and M. M. Arifin, “Peningkatan Kualitas Produk Gearbox Dengan Pendekatan DMAIC Six Sigma Pada PT. XYZ,” J. KaLIBRASI-Karya Lintas Ilmu Bid. Rekayasa Arsit. Sipil Ind., vol. 3, no. 1, pp. 1–17, 2020, doi: 10.37721/kalibrasi.v3i1.638.

I. Setiawan and Setiawan, “Defect reduction of roof panel part in the export delivery process using the DMAIC method: a case study,” J. Sist. dan Manaj. Ind., vol. 4, no. 2, pp. 108–116, 2020, doi: 10.30656/jsmi.v4i2.2775.

H. Hernadewita, I. Setiawan, and H. Hendra, “Enhance quality improvement through lean six sigma in division Side Board Clavinova piano ’ s,” Int. J. Prod. Manag. Eng., vol. 10, no. 2, pp. 173–181, 2022, doi: 10.4995/ijpme.2022.16140.

Suratno and B. P. Ichtiarto, “Reduce Carbon Emissions of Logistic Transportation Using Eight Steps Approach in Indonesian Automotive Industry,” J. Eur. des Syst. Autom., vol. 54, no. 6, pp. 819–826, 2021, doi: 10.18280/jesa.540603.

H. Darmawan, S. Hasibuan, and H. Hardi Purba, “Application of Kaizen Concept with 8 Steps PDCA to Reduce in Line Defect at Pasting Process: A Case Study in Automotive Battery,” Int. J. Adv. Sci. Res. Eng., vol. 4, no. 8, pp. 97–107, 2018, doi: 10.31695/ijasre.2018.32800.

J. Ge, K. V. Sigsgaard, J. K. Agergaard, N. H. Mortensen, W. Khalid, and K. B. Hansen, “Improving periodic maintenance performance: a grouping and heuristic approach,” Int. J. Qual. Reliab. Manag., 2022, doi: 10.1108/IJQRM-09-2021-0322.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dam R&D). Bandung: Alfabeta, 2017.

I. Sodikin, P. Wisnubroto, and N. M. Ayunin, “Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Strategic Management Analysis and Reporting Technique (Smart) System Di Pt Telkom Witel Magelang,” IEJST (Industrial Eng. J. Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa), vol. 1, no. 1, pp. 9–16, 2017.

E. Setiobudi, “Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi pada PT. Tridharma Kencana,” JABE (Journal Appl. Bus. Econ., vol. 3, no. 3, p. 170, 2017, doi: 10.30998/jabe.v3i3.1768.




DOI: https://doi.org/10.32502/js.v9i1.7816

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   


Jurnal Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri 
Diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Palembang, Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu Plaju Palembang

  

Creative Commons License
Integrasi : Jurnal Ilmiah Teknik Industri is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.