PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan soal-soal open-ended yang valid dan praktis pada pokok bahasan pecahan, melihat efek potensial soal-soal open-ended terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di MI kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas Vb MI Ahliah 2 Palembang sebanyak 27 orang. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan tes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan produk soal open-ended pokok bahasan pecahan untuk siswa kelas V MI yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan isi, konstruk dan bahasa. Selain itu kevalidan soal-soal open-ended ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada 25 siswa kelas Va MI. Ahliyah 2 Palembang, Praktis tergambar dari hasil uji coba siswa kelompok kecil dimana sebagian besar siswa dapat menyelesaikan soal-soal open-ended yang diberikan; (2) soal open-ended yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat dengan munculnya beragam solusi jawaban siswa, dan rata-rata ketuntasan siswa hasil dua kali tes mencapai 81,5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Diknas. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2016 tentang Standar Pengelolaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Giordano, Timothy. (2006). SRA Mathematics Scoring Open-Ended Items. Office of State Assessments NJ Department of Education.
Shimada, S dan Becker J.P. (1997) The open-ended approach: A new Proposal for Teaching Mathematics. Virginia : National Cauncil of Teachers of Mathematics
Walle, John A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta : Erlangga.
Yusuf, Mariska. (2009). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di SMP: Tesis PPS Unsri ( Tidak dipublikasikan).
DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i2.1492
EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED By :