PENGARUH PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Syaifudin Syaifudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan metakognitif terhadap  hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita di SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posstest only control group. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Palembang Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak delapan kelas yang berjumlah 268 siswa yang diambil dari kelas VIII.1 sampai VIII.8. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik random sampling, dimana sampel yang diambil tidak berdasarkan peringkat melainkan dengan cara pengundian. Dengan jumlah 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII.1 dan VIII.3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan harga dan  ini berarti  berada dalam daerah penolakan H0, yang artinya Ha diterima sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan metakognitif terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita di SMP Negeri 33 Palembang.


Keywords


Metakognitif; Hasil Belajar; Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Full Text:

PDF

References


Desmita. (2006). Pisikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kramarski, B. & Zoldan, S. (2008). Using errors as springboards for enhancing mathematical reasoning with three metacognitive approaches. The Journal of Educational Research, 102 (2), 137- 1 5 1 . http://education.biu.ac.il/en/node/747 . [20 Desember 2011].

Putra, A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menurut Teori Bruner Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri 7 Kayu agung. Skripsi Palembang: Tidak diterbitkan.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Trasito.

Suherman. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i1.1588

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :