PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PBL DAN PBI MATERI SPLDV DI SMP NEGERI 18 PALEMBANG

Tri Wahyuni, Sunardi Sunardi, Rieno Septra Nery

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang berarti antara nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran model PBL dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBI pada materi SPLDV. Design penelitan ini adalah penelitian Quasi eksperimen design. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode claster sampling dengan mengambil dua kelas dari sepuluh kelas yang ada, satu kelas menggunakan model PBL dan satu kelas mengunakan model PBI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 362 siswa. Sampel penelitian adalah kelas VIII4 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen PBL atau variabel X1 dan kelas VIII5 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen PBI atau variabel XPBI, Jadi jumlah sampel adalah 72 siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik uji t dan diperoleh thitung = 2,12 dengan ttabel = 1,99 dan - ttabel = -1,99. Ini berarti thitung terletak didaerah penolakan Ho oleh karena itu Ho ditolak. Hasil penelitian adalah ada perbedaan yang berarti antara hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model PBL dan model PBI pada materi SPLDV di SMP Negeri 18 Palembang.


Keywords


PBL; PBI; hasil belajar SPLDV

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2009). Penelitian Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesional guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum. Yogyakarta: Yrama widya.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i1.1589

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :