HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR YANG DIPENGARUHI OLEH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE

Hatika Hatika, Hussein Fattah, Imelda Saluza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe thik talk write terhadap hasil belajar matematika materi aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan true eksperimental (ekperimen yang betul-betul) dan bentuk rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttet-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Tahun Ajaran 2015/2016, yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas VIIIA berjumlah 24 siswa, kelas VIIIB berjumlah 25 siswa, kelas VIIIC berjumlah 24 siswa, kelas VIIID berjumlah 26 siswa, kelas VIIIE berjumlah 27 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling.


Keywords


kooperatif tipe think talk write; aljabar; penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar

Full Text:

PDF

References


Arihi, L. I., & Safiun, L. O. (2012). . Analisi Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Kendari: Multy Presindo.

Padli. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 44 Palembang. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sundayana, H. R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Utari, D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kubus Di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. . Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i1.1590

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :