PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT DAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Ilham Jaya, Arita Marini, Ishak G Bachtiar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan komunikasis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 205 Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah treatment by level 2x2, dengan variabel bebas adalah strategi pembelajaran yaitu REACT dan ekspositori, variabel terikat adalah kemampuan komunikasi matematis, dan variabel moderator adalah berpikir kreatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Hasil penelitian ini adalah pertama pembelajaran REACT efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa sehingga strategi ini dapat digunakan guru sekolah menengah pertama dalam materi bangun datar segiempat. Kedua, pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa tergantung dengan tingkat berpikir kreatif siswa. Ketiga, dengan strategi  pembelajaran REACT siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif tinggi memiliki skor kemampuan komunikasi matematis yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.


Keywords


REACT; Kemampuan Komunikasi Matematis; Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


As’ari, A. R. (2016). Variasi Konstruk Dalam Pembelajaran Matematika (ZDM. Universitas Negeri Malang)

Baroody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, And Communicating, K-8 Helping Children Think Mathematically. USA: Macmillan Publishing Company, 1993),

Dennis, K. F. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher

Kesuma, D. (2010). Contextual Teaching and Learning Sebuah Panduan Awal Dalam Pengembangan PBM. Jakarta: Rahayasa Research and Training.

Meyta, D. K. (2017). Pengaruh Pembelajaran REACT tehadap kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Habit Of Mind. (Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2, No.1 2017).

OECD, PISA 2016 Results: What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading and Science (PISA: OECD Publishing, 2016).

Sumarmo, U. (2012). Bahan Belajar Mata kuliah Proses Berpikir Matematik Program S2 Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi 2012. Bandung: STKIP Siliwangi.

Turmudi. (2009) Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif Dan Investigatif. (Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka, 2009).




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i1.1592

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :