PENERAPAN MODEL JUCAMA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH

Rofi’atus Sahila, Warli Warli

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya siswa dalam berpikir divergen yang menyebabkan penurunan tingkat kreativitas pemecahan masalah siswa terhadap materi bidang matematika. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas pemecahan masalah matematika siswa dan respon siswa setelah diterapkannya model jucama pada siswa kelas VIII B SMP Sabilul Muhtadin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII B SMP Sabilul Muhtadin yang terdiri dari 20 siswa, sedangkan yang dijadikan gambaran kreativitas pemecahan masalah dipilih 6 siswa dengan kemampuan heterogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kreativitas pemecahan masalah, wawancara, dan angket respon siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Subjek dengan kemampuan matematika tinggi kualitas kreativitas pemecahan masalah mengalami peningkatan dengan hasil kualitas kreativitasnya cenderung tinggi. Subjek dengan kemampuan sedang kualitas kreativitas pemecahan masalah mengalami peningkatan dengan hasil kualitas kreativitasnya cenderung tinggi, dan subjek dengan kemampuan rendah kualitas kreativitas pemecahan masalah mengalami peningkatan dengan hasil kualitas kreativitasnya cenderung sedang/cukup, 2) Respon siswa selama diterapkan model jucama mengalami respon positif pada pokok bahasan prisma dan limas dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 80,51%, yang di mana setiap item pernyataan siswa memiliki kategori sangat baik 12≥50%"> .


Keywords


Model Jucama; Kreativitas Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Candra, A. (2015). Penerapan Model Wallas dengan Pendekatan Problem Posing Untuk MEningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pemecahan Maslah Matematika. Skrisp tidak diterbitkan. Tuban : Program Sarjana Universitas PGRI Ronggolawe.

Ardiansyah. (2015). Eksplorasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Matematika Setting Problem Based Learning. (online) http ://lib.unnes.ac.id/2285/.

Arikunto, S. (2010). Presedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, (Edisi Revisi), Jakarta : Rineka Cipta.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R &D. Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i1.1594

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :