PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran aktif tipe Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 46 Palembang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII 3 yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas siswa di SMPN 46 Palembang. Hal ini dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa, pada pertemuan pertama rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 54,26% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 73,02% kemudian pada pertemuan ketiga meningkat menjadi baik sekali dengan persentase 81,24%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amilda. (2010). Kesulitan Belajar. Palembang: Rafa Press
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Pustaka
Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hanafiah, N & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar
Julianty, H. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Discovery Oriented Inquiry Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII MTs. Aisyiyah Palembang. Skripsi tidak diterbitkan. UIN: Palembang
Muslim, S. R. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Student Facilitator and Explaining dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan. Vol.1, No.1 (http://pasca. ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/download/14/14, diakses tanggal 14 Desember 2015, pukul 20:10)
Sardiman. (2008). Interaksi Dan Motivasi Belajar. Jakarta : Rajawali Press
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung: Alphabet.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Susanto, F. (2014). Komparasi Model Pembelajaran TPS dan SFE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Universitas Negeri Semarang. Vol.2, No.2, ISSN NO 2252-6927 (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view File/3438/3105 diakses tanggal 18 November 2015, pukul 13:45)
DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i2.1639
EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED By :