PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah dan respon siswa yang masih rendah. Permasalahan tersebut terjadi karena pembelajaran yang cenderung konvensional sehingga siswa kesulitan dalam mengkomunikasikan kefahaman dan ide mereka. Peneliti berharap dengan menerapkan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B MTs Al-Mutofawiyah Palang Tuban tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika setelah diterapkan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siklus I, II, III (63, 72, 85). Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, III (39%, 63%, 94%). Untuk data respon siswa terhadap model pembelajaran problem solving dengan pendekatan kontekstual diperoleh 91% siswa memberikan respon positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kotekstual Terhadap Kemampuan Pemechan Masalah Matematika Siswa. [online]
https://scholar.google.co.id/scholar?q=judul++skripsi+pendekatan+kontekstual+untuk+meningkatkan+kemampuan+pemecahan+masalah+matematika&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart3d=gs_qabs&p=&u=%23p%3DWWFfG0eihxAJ. diakses 19 Juli 2018
Arifin, Z. (2012). Metodologi Penelitian. Surabaya: Lentera Cendekia
Diknas, S. (2002). Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Depdiknas
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo
Hudojo, H. (2005). Pengembangan kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Komariah, Kokom. (2011). Penerapan metode pembelajaran problem solving model polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa kelas IX J di SMPN 3 Cimahi, [online],
Https://scholar.google.co.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&as_vis=1&q=jurnal+penerapan+model+problem+solving+untuk+meningkatkan+kemampuan+pemecahan+masalah+matematika#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3DjuST1VGdDdoJ. diakses 19 Juli 2018
Suryani & Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i2.1647
EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED By :