PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUANAWAL MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmenelaah peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa, sebagai akibat dari penggunaan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen (The Non Equivalent Control Group Design). Penelitian ini dilakukan di MAN Ngawi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan dibanding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Selain itu, merujuk pada N-Gain tes kemampuan berpikir reflektif matematis ditemukan adanya interaksi yang menunjukkan bahwa pembelajaran mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis berdasar pada kemampuan awal matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i1.680
EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED By :