PENGETAHUAN GURU BIDANG STUDI DI SMA TENTANG PENGGUNAAN NAMA ILMIAH DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI

Aseptianova Aseptianova, Susi Dewiyetti Dewiyetti, Indah Aprilia Aprilia

Abstract


Masalah dalam penelitian: bagaimana pengetahuan guru bidang studi biologi di SMA negeri kota Palembang tentang penggunaan nama ilmiah dalam mata pelajaran biologi, Penelitian bertujuan: untuk mengetahui pengetahuan guru bidang studi biologi di SMA Negeri kota Palembang tentang penggunaan nama ilmiah dalam mata pelajaran biologi. Teknik yang digunakan adalah: (1) pengumpulan informasi dan data, (2) pembuatan deskripsi dan analisis data. Ruang lingkup dalam penelitian ini: (1) lokasi penelitian dilakukan di 6 SMA Negeri kota Palembang yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 4, SMA Negeri 8, SMA Negeri 9, dan SMA Negeri 19, (2) objek dalam penelitian ini adalah guru bidang studi biologi di SMA Negeri kota Palembang. Keterbatasan penelitian penggunaan nama ilmiah dalam pentanamaan makhluk hidup dari dunia tumbuhan (kingdom plantae) dan dunia hewan (kingdom animalia) dengan menggunakan sistem binomial nomenklatur. Kesimpulan dalam penelitian ini antara lain: (1) berdasarkan hasil penelitian pengetahuan guru bidang studi biologi tentang penggunaan nama ilmiah dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri kota Palembang memperlihatkan hasil yang baik, hal ini dapat dilihat dari hasil persentase rata-rata dari pertanyaan yang diberikan adalah 80% dari pertanyaan dapat dijawab dengan tepat, sedangkan 20% dari pertanyaan tidak dapat dijawab dengan tepat, (2) Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16.00 diperoleh nilai mean (16,00), median (18,00), modus (20), dan standar deviasi (4,710). Dari hasil uji statistik memperlihatkan bahwa pengetahuan guru bidang studi di SMA Negeri tentang penggunaan nama ilmiah dalam mata pelajaran biologi khususnya tentang penggunaan sistem tata nama binimial nomenklatur sudah baik. Saran yang penulis dalam penelitian ini adalah: (1) Sebagai guru bidang studi biologi yang baik, hendaknya guru harus lebih memahami penggunaan nama ilmiah dengan baik agar pembelajaran biologi dapat berjalan secara efektif, (2) Dalam pengajaran biologi hendaknya guru menggunakan bahasa ilmiah dengan baik agar siswa dapat memahami dan belajar dengan baik tentang penggunaan nama ilmiah.

Keywords


pengetahuan, guru bidang studi biologi, nama ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.