PERILAKU SISWA TENTANG PENGGUNAAN NAMA ILMIAH PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG

Aseptianova Aseptianova, Nizkon Nizkon, Ery Ardi Prasetyo

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Perilaku Siswa tentang Penggunaan Nama Ilmiah pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 12 Palembang Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup? Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui perilaku siswa dalam penggunaan nama ilmiah pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 12 Palembang pada materi klasifikasi makhluk hidup. Teknik yang digunakan adalah: (1) pengumpulan informasi dan data, (2) pembuatan dekripsi dan analisis data. Ruang lingkup dalam penelitian ini (1) lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 12 Palembang, (2) siswa yang menjadi objek penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap, tahun ajaran 2011/2012 di SMA Negeri 12 Palembang. Keterbatasan penelitian: (1) objek kajian penelitian lebih ditekankan pada penggunaan nama ilmiah pada materi klasifikasi makhluk hidup dari dunia hewan (Kingdom Animalia) dan dunia tumbuhan (Kingdom Plantae), (2) perilaku yang diteliti adalah pada ranah psikomotorik. Kesimpulan penelitian: dari hasil analisis data menunjukan bahwa perilaku siswa dalam ranah psikomotorik tentang penggunaan nama ilmiah adalah rendah, hal tersebut terlihat dari besarnya persentase siswa yang memilih jawaban sangat tidak mampu dan tidak mampu dari masing-masing pertanyaan dari angket. Hal ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata persentase jawaban siswa dari 18 pertanyaan, yaitu: siswa yang menjawab sangat tidak mampu memiliki persentase 26,9% dan tidak mampu sebanyak 34,3%, dibandingkan dengan siswa yang menjawab sangat mampu sebanyak 31,5% dan mampu sebanyak 8,2%.

Keywords


perilaku, mata pelajaran biologi, nama ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.