STRATEGI PEMASARAN MINUMAN FERMENTASI CV KAUSA LESTARI BERBASIS DIGITAL DI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
ABSTRACT
This research aims to find out the digital marketing strategies implemented to increase sales of Promic products in the Society 5.0 era and the opportunities that arise from the implementation of digital marketing strategies at CV Kausa Lestari. The research was conducted at CV Kausa Lestari, Palembang, in the period January to April 2025 using phenomenological methods and qualitative approaches. The sampling technique used was non-probability sampling with purposive sampling and accidental sampling methods, involving one key informant and 27 supporting informants. Data were collected through observation, interviews, and documentation, then analyzed using data condensation, data presentation, and descriptive qualitative inference techniques. The results showed that CV Kausa Lestari's marketing strategy with the 7P marketing mix approach can increase the visibility and competitiveness of Promic products, especially through the utilization of Facebook and WhatsApp platforms that successfully reach the main target market, namely millennials and baby boomers. Digital-based marketing opportunities are seen through the role of educators and partnerships that are able to increase sales through webinars, testimonials, and personalized approaches. This strategy also opens up opportunities for people to participate in the business. This potential can be strengthened by the integration of technologies such as Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), and Artificial Intelligence (AI) in future marketing strategies.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran digital yang diterapkan untuk meningkatkan penjualan produk Promic di era Society 5.0 serta peluang yang muncul dari penerapan strategi pemasaran digital pada CV Kausa Lestari. Penelitian dilakukan di CV Kausa Lestari, Palembang, pada periode Januari hingga April 2025 dengan menggunakan metode fenomenologi dan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling dan accidental sampling, yang melibatkan satu informan kunci dan 27 informan pendukung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran CV Kausa Lestari dengan pendekatan bauran pemasaran 7P dapat meningkatkan visibilitas dan daya saing produk Promic, terutama melalui pemanfaatan platform Facebook dan WhatsApp yang berhasil menjangkau target pasar utama, yaitu generasi milenial dan baby boomers. Peluang pemasaran berbasis digital terlihat melalui peran edukator dan kemitraan yang mampu meningkatkan penjualan melalui webinar, testimoni, dan pendekatan personal. Strategi ini juga membuka peluang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam bisnis. Potensi ini dapat diperkuat melalui integrasi teknologi seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) dalam strategi pemasaran di masa mendatang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, I. K., Ahyani, A., Sudarso, A. P., Liawati, L., & Widowati, W. (2020). Pengelolaan Hasil Pertanian dalam Meningkatkan Harga Jual pada Petani di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang-Banten. DEDIKASI PKM, 1(3), 109–113.
Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran pemasaran 7p dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada industri retail giant ekspres makassar. Jurnal Mirai Management, 5(3), 120–136.
Endi.A.P.Sasongko, Tri, Sumarga, Eka, H., & Rauf, A. (2022). Marketing Strategi In Society 5.0 Era (E. hendra Priyatna & E. Suharti (Eds.)). https://online.anyflip.com/rgfhk/otph/mobile/
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5, 2621 – 3230.
Lembaga Prestasi Indonesia Dunia. (2021). Pembagian Minuman Fermentasi ( Promic )Terbanyak. Lembaga Prestasi Indonesia Dunia. https://rekor-leprid.org/index.php/2021/02/02/pembagian-minuman-fermentasi-promic-terbanyak/
Nurul, A. (2021). Penerapan strategi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Sambel Layah Arcawinangun). IAIN PURWOKERTO.
Purwanto, R., Maharrani, R. H., Somantri, O., Wanti, L. P., & Fadillah, F. (2022). Pemanfaatan Digital marketing sebagai Media Informasi Pemasaran Online Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Petani Hortikultura Cilacap. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 287–296.
Raturain, P. M. (2024). Analisis Strategi Bauran Pemasaran 7p (Products, Price, Place, Promotions, People, Process, Physical Evidence) Terhadap Peningkatan Penjualan Kopi Selelos (Studi Kasus Pada Produksi Kopi Selelos Di Selelos). Universitas Muhammadiyah Mataram.
Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Society 5.0: Pengertian, Ciri-ciri, dan Bedanya dengan Masyarkat 4.0. (2023). Berita Hari Ini. https://kumparan.com/berita-hari-ini/society-5-0-pengertian-ciri-ciri-dan-bedanya-dengan-masyarkat-4-0-21nFI8gggjD/full
Society 5.0 Rencana Transformasi Besar-besaran Masyarakat Jepang. (2022). Sampoerna University. https://program.sampoernauniversity.ac.id/id/society-5-0/?utm_source=chatgpt.com
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v14i1.10094
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.