STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM DI KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN
Abstract
The purpose of this study is to analyze the marketing strategies implemented by oyster mushroom entrepreneurs in increasing sales of their products and to analyze the obstacles faced in marketing oyster mushroom products. The research method used in this study is a case study. The sampling method used in this study is the saturated sampling technique. The data processing methods used are observation, interviews and documentation. The data processing and analysis methods used are editing, coding, and tabulating. The results of the study show From the results of the analysis of the oyster mushroom business marketing strategy in increasing sales turnover in the oyster mushroom business in Talang Kelapa District, several alternative strategies were obtained, namely product strategy by providing quality oyster mushroom products, price strategy by providing affordable prices, distribution strategy by providing convenience for consumers in buying oyster mushrooms through direct delivery and promotion strategy by promoting through WhatsApp, and also banners. The obstacles faced in marketing oyster products in Talang Kelapa District are: 1) Limited distribution, 2) Limited information, 3) Inconsistent product quality and standards, 4) Lack of processing facilities, and 5) Unstable selling price
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh pengusaha jamur tiram dalam meningkatkan penjualan produknya dan untuk menganalisis apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk jamur tiram tersebut. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Metode peengolahan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah editing, coding, dan tabulating. Metode analisis data yang digunkan adalah metode kualitatif Hasil penelitian menunjukan strategi pemasaran usaha jamur tiram dalam meningkatkan omzet penjualan pada usaha jamur tiram di Kecamatan Talang Kelapa.ini, diperoleh beberapa alternatif strategi yaitu strategi produk dengan memberikan produk jamur tiram yang berkuaitas, strategi harga dengan memberikan harga yang terjangkau, strategi distribusi dengan memberikan kemudahan konsumen dalam membeli jamur tiram melalui pengriman langsung dan strategi promosi dengan melakukan promosi melalui WhatsApp, dan juga banner. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk tiram di Kecamatan Talang Kelapa, yaitu: 1) Distrbusi yang terbatas, 2) Keterbatasan informasi, 3) Kualitas dan standar produk yang tidak konsisten, 4) Kurangnya fasilitas pengolahan, dan 5) Harga jual yang tidak stabil
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Narbuko. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarina, Silamat, E., & Puspitasari, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Cabai Merah di Desa Kampung Melayu Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. AGROQUA, 13(2), 58.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Sumadiwangsa, (2008) peningkatan pendapatan masyarakat dan berperan dalam peningkatan perolehan devisa serta memperkokoh struktur industri nasional.
Winardi, Entrepreneur Dan Enterpreneurship, (Jakarta:Kencana. 2003), hal. 106
Wirakartakusumah, M. A, (1997) Telaah Perkembangan Industri Pangan Di Indonesia. J. Pangan. Vol. VIII. No. 1. Penerbit Bulog. Jakarta.
Yunus. (2015) Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Rafika Aditama. Hlm 256.
DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v14i1.10097
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.