ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TEMPE DEMANG HARBER DI KECAMATAN SEBRANG ULU I KOTA PALEMBANG

Ira Ira, Novi Apriani

Abstract


ABSTRACT

This study aims to analyze internal and external factors and the marketing strategy of Tempe Demang Harber in Seberang Ulu 1, Palembang City. Using a SWOT analysis approach, this research was conducted at Tempe Demang Harber in Seberang Ulu 1, Palembang City from December to February 2025. The research method used is qualitative, while data collection methods include observation, interviews, documentation, and data processing methods such as editing, coding, tabulating, as well as SWOT data analysis methods. The results and discussion of Tempe Demang Harber show that the company's main strengths lie in its good product quality, affordable prices, and strong relationships between the business owner and employees. On the weakness side, there is a dependence on raw materials that may face supply disruptions. Externally, the opportunities include increasing market demand for quality tempeh products, market growth, and the chance to expand to other cities. On the threat side, Tempe Demang Harber faces intensifying business competition and the risk of adverse weather that could disrupt production. The marketing strategy of Tempe Demang Harber can be developed by leveraging the identified internal strengths and external opportunities. Maintaining product quality and affordable pricing is key to meeting the rising market demand. Additionally, rapid market growth offers opportunities to expand market share reach. The use of social media can also assist in reaching a broader consumer base.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal eksternal dan bagaimana strategi pemasaran Tempe Demang Harber di Seberang Ulu 1 Kota Palembang. Melalui pendekatan analisis SWOT, penelitian ini dilaksanakan di Tempe Demang Harber di Seberang Ulu 1 Kota Palembang pada bulan Desember-Februari 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, metode pengolahan data editing, coding, tabulating, serta metode analisis data SWOT. Hasil dan pembahasan Tempe Demang Harber menunjukkan bahwa kekuatan utama perusahaan terletak pada kualitas produk yang baik, harga terjangkau, dan hubungan yang baik antara pemilik usaha dan pekerja. Di sisi kelemahan, terdapat ketergantungan pada bahan baku yang dapat terhambat. Di sisi eksternal, peluang yang dimiliki meliputi permintaan pasar yang meningkat untuk produk tempe berkualitas, pertumbuhan pasar, dan kesempatan untuk ekspansi ke luar kota. Di sisi ancaman, Tempe Demang Harber menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat serta ancaman cuaca buruk yang dapat mengganggu produksi. Strategi pemasaran Tempe Demang Harber dapat dikembangkan dengan memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal yang telah diidentifikasi. Menjaga kualitas produk dan harga yang terjangkau menjadi kunci untuk memenuhi permintaan pasar yang meningkat. Selain itu, pertumbuhan pasar yang semakin pesat memberikan peluang untuk memperluas jangkauan pangsa pasar. Penggunaan media sosial juga dapat membantu dalam menjangkau konsumen yang lebih luas

Keywords


Small and Medium Enterprises (SMEs); SWOT; Marketing Strategy; Tempe; Usaha Kecil dan Menengah (UKM); Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Novela, P., & Hadi Mustofa, R. (2023). Strategi Pemasaran Pada Umkm Kelompok Usaha Keripik Tempe Di Desa Sadang Kabupaten Ngawi.

Oktaviani, T. K. (2018). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA KECIL PENGRAJIN TEMPE (Studi Kasus : Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang). Universitas Medan Area, 1–81.

Rusmiyati, R., & Bustomi, M. Y. (2019). Strategi Pemasaran Agroindustri Tempe di Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Pertanian Terpadu, 7(2), 216–227. https://doi.org/10.36084/jpt..v7i2.201

Santi, D., & Giovanni, A. (2023). Analisis Swot Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Home Industry Kripik Tempe. Journal of Economics and Business Management, 2(2), 217–224. https://doi.org/10.56444/transformasi.v1i2

Simangunsong, K., Ahmad, U. A., & Saputra, R. E. (2022). Desain Dan Implementasi Dashboard Monitoring Sistem Pendeteksi Kebakaran Hutan Berbasis Lora Dan Web. E-Proceeding of Engineering, 9(3), 974–987.

Tumanggor, O. S. P., Purba, H. H., & Jaqin, C. (2023). Analysis Of Quality Control And Improvement Using D-MA-I-C Method In The Manufacturing Industry. AIP Conference Proceedings, 2680(1). https://doi.org/10.1063/5.0126983

Yanis,Mardiana, & A. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Tempe Kelompok Usaha Kecil Menegah (UKM) di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agrica, 11(2), 93–111.

Yuliana, D. (2017). Strategi Pengembangan Pelayanan Publik di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta - Cengkareng. Warta Ardhia, 41(4), 181–200. https://doi.org/10.25104/wa.v41i4.155.181-200




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v14i1.10099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.