KELAYAKAN USAHA PEMBUATAN TAHU PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS

Mustopa Marli Batubara, Rafeah Abubakar, Bimanthara Bimanthara

Abstract


ABSTRACT

 

This study aims to determine the benefits obtained and the feasibility of making tofu business in the home industry in Tugumulyo Subdistrict, Musi Rawas Regency. The research was conducted in Tugumulyo Subdistrict, Musi Rawas Regency, from April to June 2018. The research method used was survey, for the sampling method used purposive sampling method (intentionally). Data collection methods used in this study are observation and interviews with respondents who have been determined using a questionnaire which has been prepared in advance. Data processing and analysis were carried out using descriptive-qualitative methods. From the results of the study showed that the tofu making business in Tugumuylo Subdistrict was profitable, the average profit obtained by the tofu craftsmen in Tugumulyo Subdistrict was Rp13.292.970/ month and the average BEP value of Rp331.276, BEP production of 2.315 units of BEP at a price of Rp73,57, and the average value of the R / C Ratio of the tofu craftsmanship in Tugumulyo District is 1.98. Thus the tofu making business in Tugumulyo Subdistrict deserves to be developed.

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan yang diperoleh dan kelayakan usaha pembuatan tahu pada industri rumah tangga di Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas pada bulan April sampai dengan Juni 2018.  Metode penelitian yang digunakan adalah survei, untuk metode penarikan contoh digunakan metode purposive sampling (secarasengaja).  Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan responden yang telah ditentukan dengan menggunakan alat bantu kuesioner yang telah dipersiapkan sebelumnya.  Pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa usaha pembuatan tahu yang ada di Kecamatan Tugumuylo menguntungkan, keuntungan rata – rata yang diperoleh pengerajin tahu di Kecamatan Tugumulyo sebesar Rp 13.292.970/ bulan dan rata – rata nilai BEP penerimaan Rp 331.276, BEP produksi 2.315 unit BEP harga Rp 73,57, dan rata – rata nilai R/C Ratio pengerajin tahu di Kecamatan Tugumulyo sebesar 1,98. Dengan demikian usaha pembuatan tahu yang ada di Kecamatan Tugumulyo layak untuk dikembangkan.



Keywords


BEP; business feasibility tofu; Tugumulyo; R/C; kelayakan usaha tahu

Full Text:

PDF

References


Andayanie, R, W, 2015. Pengembangan Produksi Kedelai Sebagai Upaya Kemandirian Pangan Di Indonesia. Mitra Wacana Media. Bogor.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2015. Produksi Tanaman Bahan Makanan Di Sumatera Selatan. Badan Pusat Statistik. Sumatera Selatan.

, 2016. Kabupaten Musi Rawas Dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik. Sumatera Selatan

, 2017. Kabupaten Musi Rawas Dalam Angka 2017. Badan Pusat Statistik. Sumatera Selatan.

Daniel, M, 2003. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta : Bumi Aksara.

Margono, S, 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. PT. Rienika Cipta. Jakarta.s

Salim, E. 2012. Kiat Cerdas Wirausaha Aneka Olahan Kedelai. Andi Offset. Yogyakarta.

Sanusi, A, 2013. Metodelogi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Suratiah, K, 2015. Ilmu Usaha Tani, Penebar Swadaya. Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, W. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka baru press.

Turniasih Iis, Kania Nia Dewi. 2007. Peranan Sektor Agroindustri Dalam Pembangunan Nasional. Ejourrnal upi Vol. 7, No. 02, 2007 Hal 04. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v7i2.1512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.