PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN KERUPUK KEMPLANG DEVA ARMINA DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Rina Dwi Wulandari, Fikri Zuanda, Makmun Ajaib

Abstract


Kabupaten Ogan Komering Ilir dikenal dengan produksi kemplangnya. Hal ini tentunya sangat membuka peluang usaha bagi masyarakat, tidak terkeculi industri rumah tangga yang masuk ke dalam golongan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Di Kecamatan Kayu Agung beberapa industry Kecil Mengengah mengalami penurunan keuntungan di masa covid 19 sehingga untuk membangun suatu usaha baik mikro, kecil maupun menengah banyak tantangannya, yaitu perlunya pemahaman tentang bisnis itu sendiri dan strategi pemsaran yang digunakan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan motivasi agar minat warga dalam berwirausaha tumbuh dan mengenalkan cara  peningkatan strategi pemasaran agar dapat mengelola usahanya dengan baik. Metode penyampaian dengan survey dan pelatihan ceramah dan tanya jawab. Peserta pelatihan sangat antusias dan tertarik dalam mengikuti pelatihan. Masyarakat sekitar lokasi pemaparan, yakni di Kecamatan Kayu Agung, juga dapat dikatakan mudah  menerima warga baru sehingga pemberian materi dan pelatihan dapat berjalan dengan lancar

Keywords


Strategi Pemasaran Manajemen, Strategi Pemasaran Syarih, UMKM

Full Text:

PDF

References


Geroge Stainer dan John Milner, Management Strategic, Jakarta: Erlangga, hlm. 70 24

Dr. Basu Swastha DH., SE., MBA. Dan Ibnu Sukotjo W. SE, Pengantar Bisnis Modern, ed.3, Liberty Yogyakarta, Yogyakarta, hlm.200 26 perusahaan.

Muhammad Syakir, Syari’ah Marketing, Bandung: Mizan Pustaka, 2006. hlm. 12 27

M. Arifin, Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008, hlm. 39

Suryana, Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat Patria, 2006. hlm. 173-174 25

Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo, 2007. hlm. 168-169 28




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v3i1.3977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.