PENDAMPINGAN GURU DALAM PENGISIAN KONTEN MATERI AJAR TATA BAHASA INGGRIS DASAR PADA WEBSITE GRAMMAR

Fatimah Mulya Sari

Abstract


Proses pengajaran Bahasa Inggris melalui website pembelajaran sudah banyak disediakan oleh guru-guru milenial di Indonesia. Keterampilan dan kreatifitas dalam menyajikan materi-materi ajar pun harus dimiliki oleh guru agar website online yang dikelola dapat dimanfaatkan untuk belajar secara optimal oleh para pengguna, terutama untuk kalangan pelajar. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melakukan pendampingan kepada guru-guru dalam proses pengisian konten pembelajaran tata Bahasa Inggris dasar melalui website grammar. Salah satu kendala yang terjadi kepada guru adalah belum terbiasanya mengoperasikan teknologi, terutama dalam mengelola dan mengisi konten dari sebuah website pembelajaran. Tahapan kegiatan pengabdian ini dilakukan dari tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan kegiatan pendampingan, dan tahapan evaluasi pelaksanaan kegiatan pendampingan. Dari kegiatan pengabdian ini, hasil menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan dapat memberikan solusi yang baik dan optimal untuk membiasakan guru-guru belajar untuk mengelola website secara efektif sehingga isi pembahasan dalam website tersebut dapat membantu siswa untuk belajar secara efektif dan efisien.

Keywords


pendampingan guru, pengisian konten, tata Bahasa Inggris, website

Full Text:

PDF

References


Alfaresi, B., Karnadi, & Oktaviani, W. A. (2020). Workshop Penggunaan Google Classroom Di SIT Mush’ab Bin Umair Palembang sebagai Sarana Pembelajaran Online Semasa Pandemi Covid 19. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 105-110.

Annisa, A. A., Kirana, H., Ristanury, T. S., Hilman, D. R., Angreini, A., Melisa, P., Ardianto, F. (2022). Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumbawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55-64.

Appana, S. (2008). A Review of Benefits and Limitations of Online Learning in the Context of the Student, the Instructor, and the Tenured Faculty. International Jl. on E-Learning. 7(1), 5-22

Atmojo, A.E.P., & Nugroho, A. (2020). EFL Classes Must Go Online! Teaching Activities and Challenges during Covid-19 Pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49-76.

Muslimin, Sulaiman, M., & Irwanto. (2019). Pembinaan Pembelajaran Matematika dan Bahasa Inggris bagi Anak-Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Perajin Banyuasin I. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37-42.

Rini, F., Darmawan, R., & Pratama, A. (2021). PKM Pemanfaatan LMS dan Media Laboratorium Virtual bagi Dosen Akademi Refraksi Optisi YLPTK Padang sebagai Solusi Pembelajaran Inovatif. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 26-29.

Sari, F. M. (2020). Exploring English Learners’ Engagement and Their Roles in the Online Language Course. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 5(3), 349-361.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v4i2.5399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.