INOVASI DESAIN PEMASARAN DENGAN PETANI MUDA MUHAMMADIYAH IPM CANDI

Ade Eviyanti, M Abror, Saiful Arifin

Abstract


Pimpinan cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah mempunyai program petani milenial yang disebut dengan Petani Muda Muhammadiyah. Program yang dilaksanakan yaitu budidaya tanaman  urban farming, hidroponik, organic, vertikultur dan tabulampot. Dalam upaya meningkatakan angka penjualan membutuhkan inovasi untuk memperluas pemasaran. Petani Muda Muhammadiyah perlu mengadopsi teknologi supaya pemasaran secara cepat dan sesuai dengan sasaran. peneliti bermaksud mencari solusi dari permasalahan berkaitan dengan model design serta platform yang digunakan supaya pemasaran produk pertanian petani muda muhammadiyah lebih tepat sasaran guna meningkatkan hasil penjualan. Kegiatan pelatihan desain inovasi desain pemasaran dapat meningkatkan profitabilitas produk petani muda Muhammadiyah. Dibuktikan dengan beberapa hasil desain produk pertanian.

Keywords


Inovasi Desain, Teknologi, Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alit, R., & Putra, C. A. (2017). Peningkatan Ketrampilan Dalam Bidang Kewirausahaan Lewat Pelatihan Coreldraw (Studi Kasus: Pesantren Mahasiswa Al-Iqbal Surabaya). SCAN - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(3), 27–32. http://www.ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/scan/article/view/924

Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. damayanti, & Tanjung, R. (2020). Strategi Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Abon Jantung Pisang Cisaat Makanan Khas Subang Jawa Barat. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–381.

Doni, W., Syahril, Aryanto, & Arribe, E. (2017). Pemanfaatan Internet Sehat Menuju Kehidupan Berkemajuan. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRi, 1(1), 19–23.

Nugrahani, R. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk Makanan Umkm. Imajinasi : Jurnal Seni, 9(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8846

Prayustika, P. A. (2017). Kajian Literatur: Manakah Yang Lebih Efektif? Traditional Word of Mouth Atau Electronic Word of Mouth. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 6(3), 168. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/150

Purnavita, S., Sriyana, H. Y., & Widiastuti, T. (2018). Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen. E-Dimas, 9(1), 88. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i1.2260

Suharto, A., Subariah, R., & Farizy, S. (2022). Pelatihan Dan Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Pada Siswa Smk Saradan Tajur Halang Bogor. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(3), 338–342. https://doi.org/10.53769/jai.v2i3.296

Yenny Desnelita, Gustientiedina, Susanti, W., Nasien, D., & Putri, R. N. (2019). Pkms Pelatihan Desain Grafis Menuju Wirausaha Bagi Pemuda Rt.03 Rw.04 Kelurahan Umban Sari. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 266–272. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3424




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v5i1.6203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.