Psikoedukasi : Peran Perhatian Orang Tua Dalam Mengembangkan Kesehatan Emosional Pada Anak Usia Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan kegiatan psikoedukasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman orang tua siswa di SD Negeri 1 Mangunrejo Kabupaten Malang tentang pentingnya perkembangan emosi anak usia sekolah dasar, mengedukasi mereka mengenai dampak negatif. Kegiatan tersebut menggunakan metode Participation Action Research (PAR) dengan pendekatan yang dilakukan kepada orang tua dan anak di SD Negeri 1 Mangunrejo Kabupaten Malang. Sumber dan object pada kegiatan ini adalah orang tua beserta anak atau siswa di SD Negeri 1 Mangunrejo mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 yang berjumlah 80 orang tua dan anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan sistematis melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi secraa deskripstif. Berikut skema teknik pengumpulan data. Hasil seminar psikoedukasi yaitu perlu pemahaman yang tepat mengenai berbagai jenis emosi anak dan pola asuh yang sesuai sangat penting untuk mendukung perkembangan emosional anak pada usia sekolah dasar. Orang tua berperan aktif dalam memilih pola asuh yang sensitif dan responsif, yang berdampak positif pada kesehatan emosional anak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Lee, K., & Johnson, A. S. (2007). Child development in cultural contexts: Implications of cultural psychology for early childhood teacher education. Early Childhood Education Journal, 35(3), 233–243. https://doi.org/10.1007/s10643-007-0202-7
Lestari, V. L., Suwarsito, S., & Rasyada, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Anak (Stunting). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 302–311. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.458
Lukens, E. P., & McFarlane, W. R. (2004). Psychoeducation as Evidence-Based Practice: Considerations for Practice, Research, and Policy. Brief Treatment and Crisis Intervention, 4(3), 205–225. https://doi.org/10.1093/brief-treatment/mhh019
Martani, W. (2012). Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi, 39(1), 112–120.
Oliver, K. I., Stenson, A., Van Rooij, S. J. H., Johnson, C. B., Ely, T. D., Powers, A., Minton, S. T., Wiltshire, C., Kim, Y. J., Hinrichs, R., Jovanovic, T., & Stevens, J. S. (2024). Impacts of early life adversity on the neurocircuitry of emotional memory in children. Development and Psychopathology, 1–12. https://doi.org/10.1017/S0954579424001718
Onal, E. ?., Nk, B. ?., Afinda, ?. ?., & Deynl, V. A. L. ?. (2024). the Role of Mothers in the Development of Emotional Regulation Skills of Preschoolers. Preschool and Primary Education, May. https://doi.org/10.30546/2709-2488.1.2024.0213
Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan Golden Age Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 100–114. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3829
Putri, A. M., & Lutfianawati, D. (2021). Psikoedukasi Pentingnya Penerimaan Orang Tua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Perak Malahayati, 3(2), 81–91. https://doi.org/10.33024/jpm.v3i2.5215
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Salsabila, A., Hanifah, M., & Irsyad, M. (2024). Stop Toxic Parenting : Wujudkan Pola Asuh Yang Baik Dalam Membangun Fisik Dan Mental Anak. Genderang Asa: Journal Of Primary Education PGMI, 5(1), 26–40.
Sulitiya Ningsih, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Lingkungan Terhadap Kemandirian Anak Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri 58/Ix Tempino. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(1), 60–74. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19535
Tahirah, I., Isnawati, Megawato, Herman, & Rusmayadi. (2024). Pentingnya Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 10(1), 19–26.
DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v6i2.9205
Refbacks
- There are currently no refbacks.