PENGARUH JENIS KEMASAN PLASTIK DAN PENYIMPANAN TERHADAP KIMIA DAN MIKROBIOLOGI KUE LAPIS TAPIOKA

Ade Vera Yani, idealistuti idealistuti, Nabila Ratna Komala

Abstract


Kue lapis merupakan jajanan khas Indonesia yang dibuat dengan dua atau lebih warna yang berbeda dan disusun secara berlapis-lapis, memiliki tekstur lembut dan kenyal. Umumnya, memiliki masa simpan yang rendah karena dikemas secara tradisional. PolyEthylene (PE) merupakan jenis kemasan plastik berbentuk film yang lunak, transparan dan fleksibel yang mempunyai kekuatan benturan serta kekuatan sobek yang baik, serta memiliki sifat barrier terhadap uap air pada produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis kemasan plastik dan penyimpanan terhadap kimia dan mikrobiologi kue lapis tapioka. Metode yang digunakan adalah  Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor jenis kemasan plastik dan waktu penyimpanan yang membentuk enam kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak tiga kali. Perlakuan jenis kemasan plastik, lama penyimpanan dan interaksinya  berpengaruh tidak nyata terhadap bilangan peroksida kue lapis tapioka sebelum penyimpanan dan berpengaruh sangat nyata setelah penyimpanan 2 hari, 4 hari dan 6 hari.  Bilangan peroksida  tertinggi pada perlakuan P1 (Polyethylene/PE) dengan nilai rata-rata 21.69 meq/kg dan perlakuan W3 (waktu simpan 6 hari) dengan nilai rata-rata 34.09 meq/kg serta interaksi perlakuan P1W3 (Polyethylene/PE dan waktu simpan 6 hari) dengan nilai rata-rata 44.64 meq/kg. Perlakuan jenis kemasan plastik, lama penyimpanan dan interaksinya  berpengaruh tidak nyata terhadap total mikroba (TPC) kue lapis tapioka sebelum penyimpanan dan berpengaruh sangat nyata setelah penyimpanan 2 hari, 4 hari dan 6 hari. Total mikroba (TPC) terendah pada perlakuan P2 (Polyprophylene/PP) dengan nilai rata-rata 7.84x104 CFU/g, perlakuan W1 (waktu simpan 2 hari) dengan nilai rata-rata 0.02 X104 CFU/g dan interaksi perlakuan P2W1 (Polyprophylene/PP dan waktu simpan 2 hari) dengan nilai rata-rata 0.01x104 CFU/g.


Keywords


kemasan PP, PE, kue lapis tapioka, total plate count, masa simpan

References


AOAC (Association of Official Analytical Chemist). 2005. Official Methods of Analysis of The Association of Official Analytical Chemist. AOAC Inc., Washington.

AOAC (Association of Official Analytical Chemist). 2012. Official Methods of Analysis of The Association of Official Analytical Chemist. AOAC Inc., Washington.

Ardilla, T. 2017. Pengaruh Penggunaan Kulit Buah Naga Merah Terhadap Kualitas Kue Lapis Tapioka. Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Padang.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 2009. Batas Maksimum Cemaran Mikroba dalam Pangan. SNI 7388:2009. Jakarta(ID): Badan Standardisasi Nasional.

Dwiari, S.R., Danik D. A, Nurhayati, Mira S, Sandi F. A.R., Yudhanti dan Ida B. K. W. Y. 2008. Teknologi Pangan Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Hakiki, N. N. dan Choirul Anna Nur Afifah, 2019. Penganekaragaman Kue Basah Tradisional Berbasis Tepung Premix. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya. E-Journal Tata Boga, 8(1):99-109.

Manley, D. 2000. Technology of Biscuits, Crackers, and Cookies. 3rd Edition. Cambridge: Woodhead Publishing Limited.

Nur, M. 2009. Pengaruh cara pengemasan, jenis bahan pengemas, dan lama penyimpanan terhadap sifat kimia, mikrobiologi, dan organoleptik sate bandeng (Chanos chanos). Jurnal Teknologi dan Industri Hasil Pertanian. 14(2): 1-11.

Nurminah, M. 2002. Penelitian Sifat Berbagai Bahan Kemasan Plastik dan Kertas Serta Pengaruhnya Terhadap Bahan Yang Dikemas. Fakultas Pertanian Jurusan Teknologi Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Renate D. 2009. Pengemasan puree cabe merah dengan berbagai jenis plastik yang dikemas vakum. Jurnal Teknologi Industri dan Hasil Pertanian. 14(1): 80- 89. DOI:http://dx.doi.org/10.23960/jtihp. v14i4i.80%20-%2089.

Santhi, D, DGD. 2016. Plastik Sebagai Kemasan Makanan dan Minuman. Ebook. Bagian Patologi Klinik PSPD Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali.

Sutomo, B. 2012. Sukses Wirausaha Kue Kering. Kriya Pustaka, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jedb.v10i2.4297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edible: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Teknologi Pangan

Indexed by:

      

Contact Person:
Rika Puspita Sari..MZ
Edible : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Teknologi Pangan
Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: kppfpump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/Edible

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.