DESAIN SITUASI DIDAKTIS UNTUK MENGANTISIPASI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP ALJABAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Refi Elfira Yuliani

Abstract


Secara umum siswa memiliki kecemasan matematika. Menurut Siroj (2003) kecemasan matematika dapat disebabkan oleh guru sendiri memiliki kecemasan matematis sebagai akibat dari strategi pembelajaran yang tidak tepat, seperti guru yang tidak tepat dalam mengelola pembelajaran, metode pembelajaran yang kurang relevan, bahan ajar yang tidak terstruktur yang mendukung pencapaian kompetensi dan struktur pembelajaran yang tidak terorganisasi dengan baik. Suryadi (2013) menyatakan bahwa guru selain perlu menguasai bahan ajar, juga perlu memiliki pengetahuan lain yang terkait dengan psikologis siswa (seperti kecemasan matematika) dan mampu menciptakan situasi didaktik yang dapat mendorong proses belajar yang optimal. Guru perlu memiliki kemampuan untuk menciptakan hubungan didaktis antara siswa dan bahan ajar sehingga tercipta situasi didaktik yang ideal bagi siswa (Suryadi, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain situasi didaktis pada pembelajaran konsep aljabar di SMP untuk mengantisipasi kecemasan matematika siswa. Metode penelitian ini adalah Didactical Design Research yang dikembangkan oleh Suryadi (2013), terdiri dari tiga langkah, yaitu: (1) Analisis prospektif; (2) Metapeda didaktik (terdiri dari percobaan percontohan dan eksperimen mengajar), (3) Analisis retrospektif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP, 94 siswa pada analisis tahap analisis prospektif dan 88 siswa pada metapedadidaktikstep (30 siswa dalam tahap percobaan percontohan dan 58 siswa pada tahap eksperimen mengajar).


Keywords


Desain Situasi Didaktis; Antisipasi; Kecemasan Matematika; Konsep Aljabar

Full Text:

PDF

References


Ashraft, M & Kirk, E.P. (2001, June). The relationships among working memory, math anxiety, and performance. Journal of Experimental Psychology: General, 130(2), 24-237

Clements, D., & Sarama, J. (2004) Thingking about learning trajectories in mathematics education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 81-89

Cornu, B. (2002). Limits. In Tall (Ed), Advanced mathematical thinking (pp. 153-166). Dorddrecht: Kluwer Academic Publishers

Dzulfikar, A. 2016. Pre-service mathematics teacher’s math anxiety. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 1 No 1.

Hannula, M.S. (2014). Affect in Mathematics Education. Ensyclopedi of Mathematics Education. Springer

Kieran, C. 2004. Algebra Thinking in Early Grade: What Is It ?. The Mathematics Educator. 8 (1) : 139-151

Manno, G. (2006). Embodiment and a-didactical situation in teaching –learning of perpendicular straight lines concepts. Doctoral thesis. Departement of didactic mathematics Comenius University Bratislava.

Plomp, T. (2013). Educational Design Research : An Introduction. Dalam T, Plomp & Nieven (Penyunting), Educational Design Research (10-51). Ensche: Neterlands Institute for Curriculum Development (SLO)

Siroj, Rusdy A. (2003, September). Kecemasan Matematika (mathematics anxiety) dan Hubungannya dengan Prestasi Matematika. Majalah MASA . UMP 13 (10), 1-9.

Supriatna, T. (2017). Local Instruction Theory (LIT) in Realistic Mathematics Education (RME) to develop the ability of logical thinking, algebraic thinking and mathematical disposition of Junior High School students. Dissertation. University of Indonesia Education

Suratno, T. 2016. Didaktik dan Didactical Design Research. Dalam D, Suryadi, E. Mulyana, T. Suratno, D. A. K Dewi, dan S.Y Maudy (Eds)., Monograf Didactical Design Research. Bandung : Rizki Press.

Suryadi, D. (2010). Metapedadidaktik dan Didactical Design Research (DDR): Sintesis Hasil Pemikiran Berdasarkan Lesson Study. Bandunng: FPMIPA UPI.

Suryadi, Didi. (2013). Didactical Disgn Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnepolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota

Yuliani, R.E (2010). Pengaruh Penggunaan PMRI terhadap Tingkat Kecemasan Matematika (Math Anxiety) di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume Edisi Khusus. (141-152)

_______(2016). Identification of Students Math Anxiety in Learning Algebra Concepts in Junior High School. Proceeding on International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education 2016. 15 Oktober, Bandung

_______ (2017). Hypotetical Learning Trajectory to Anticipate Mathematics Anxiety In Learning The Concept of Algebra Based on The Perspective of The Theory of Didactical Situation. Proceeding on International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education 2017. 14 Oktober, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v1i2.1486

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :