PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI SEGIEMPAT BERBASIS TAHAP TEORI VAN HIELE DI SMP

Deni Candra, Muslimin Tendri, Amrina Rizta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis tahap teori van hiele materi segiempat di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ini dilakukan mengikuti dua tahapan utama development research yaitu tahap preliminary study (tahap persiapan dan pendesain produk) dan tahap formative evaluation (tahap evaluasi dan tahap revisi). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berlokasi di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, walkthrough, dan tes hasil belajar. Berdasarkan tes hasil belajar, 14 siswa (48,27%) termasuk dalam kategori baik sekali, 1 siswa (3,44%) termasuk kategori baik, 12 siswa (41,37%) termasuk dalam kategori cukup, 2 siswa (6,67%) termasuk kategori sangat kurang baik. Sehingga diperoleh rata-rata nilai akhir siswa yaitu 78,1 yang berarti hasil belajar siswa tergolong kategori baik.


Keywords


Pengembangan; LKS; Teori Van Hiele; Segiempat

Full Text:

PDF

References


Abdussakir. (2010). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Kependidikan dan Keagamaan, p. 2.

Akker, J. v., & All. (2013). Educational Design Research. Netherland: Enschede.

Borg, W. R., & Gall, M., D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th ed.). New York: Longman.

Nurhidayah, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Teori Van Hiele Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX SMP. Jambi: Universitas Jambi.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia.

Surbakti, E., Hardianto, Nurrahmawati. (2016). Pengambangan LKS Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Siswa Kelas VII SMP Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika Universitas Pasir Pengaraian.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: British Library.

Toneng, S. (2015). Kajian Kesulitan Belajar dari Segi Epistemologi Siswa pada Materi Bangun Datar Segiempat. Matematika dan IPA, 5.

Zulkardi. (2006). Developing A Learning Environment On Realistic Education For Indonesian Student Teacher.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i1.1591

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :