KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Amalia Amalia, Bonita Hirza, Agus Supriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif (descriptive research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari seluruh SMP Negeri kecamatan Seberang Ulu I di Kota Palembang yang dipilih dengan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan memberikan tes. Tahapan dalam penelitian ini adalah tahap persiapan, pelaksanaan, analisis data, penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Negeri kota Palembang dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel mencapai 67%. Hal itu berarti kemampuan siswa dapat dikategorikan baik.


Keywords


Kemampuan Siswa; Memecahkan Masalah; Soal Cerita; SPLDV

Full Text:

PDF

References


Ayres & Schmidt. (2003). Matematika Universitas. Jakarta: Erlangga.

Bird, J. (2004). Matematika Dasar Teori dan Aplikasi Praktis. Jakarta: Erlangga.

Darma, A., Suarjana, & Suartama. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 di SD Negeri 1 Banjar Bali. Jurnal (Online), (http://ejournal.undiksha.ac.id). Vol. 4, No.1 di akses 28 Desember 2017.

Hamzah, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers. Jakarta.

Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan(Sebuah Orientasi Baru). Jambi: Referensi.

Maier, H. (1985). Kompendium Didaktik Matematika. Bandung: Remaja Karya.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Mengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif di SMP. Jurnal (Online), (http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/6 44) Vol.3, No2 di akses 29 Desember 2016.

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi. (2013). Penilaian Pembelajaran (Asesmen). Palembang: Tunas Gemilang Press.

Suryanto, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka. Tangerang.

Susanto, A. (2012). Teori Belajar & Pembelajaran di sekolah dasar. . Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyuddin, & Ihsan, M. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemapuan Verbal pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadyah Se-Kota Makassar. Jurnal (Online), (http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/SJME/article/view/2213). Vol.2,No. 2, 2016. di akses 24 November 2017.




DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v2i1.1593

EDITORIAL OFFICE

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263 
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika

 Creative Commons License

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED By :