Studi Etnomatematika Pada Motif Batik Troso Jepara Dalam Bentuk Geometri Dua Dimensi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arwanto, A. (2017). Eksplorasi etnomatematika batik trusmi Cirebon untuk mengungkap nilai filosofi dan konsep matematis. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40-49. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1493
Ayuningtyas, A. D, & Setiana. (2019). “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8(1): 11–19.
Dimpudus, & Ding. (2019). “Eksplorasi Etnomatematika Pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika Di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat.” Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika 8(2): 111–18.
Indriani, R., & Nodia, F. (2016). Profesor Ini Ungkap Mengapa Matematika Dianggap Sulit. Retrieved from kompas.com: https://www.suara.com/tekno/2016/10/05/110207/profesor-ini-ungkap-mengapa-matematika-dianggap-sulit
Lydiati, I. (2020). Peningkatan Koneksi Matematis Pada Materi Transformasi Geometri Menggunakan Strategi Pembelajaran React Berbantuan Media Motif Batik Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 25-33. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.109
Maskur, R, Permatasari, D., & Rakhmawati. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11(1): 78–87.
Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125
Siddiq, M, Munawarah, & Sungkono. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Siregar, R. N. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Jurnal Universitas Islam Sultan Agung, 226-230.
Soedjadi, R. (2001). Nilai Nilai dalam Pendidikan Matematika dan Upaya Pembinaan
Pribadi Anak Didik. Surabaya: Unesa.
Soenarto. (2002). Jepara Surga Industri Mebel Ukir. (Jepara:Kantor Informasi dan Komunikasi Kab. Jepara).
Sudirman, S., Son., A. L., & Rosyadi, R. (2018). Penggunaan Etnomatematika pada Batik Paoman dalam Geometri Bidang di Sekolah Dasar. Indonesia Mathematics Education, 1(1), 27-34. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2093
Ulum, B. (2018). Etnomatematika pasuruan: Eksplorasi geometri untuk sekolah pada motif batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 686-696. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p686-69
Zayyadi, M. (2017). “Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura.” Sigma 2(2): 35–40
DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v7i2.8786
EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED By :