Upaya Melawan Stereotip dengan Membangun Minat Matematika Menggunakan Strategi Inovatif Untuk Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri 05 Pemulutan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M., & Siregar, A. U. (2022). Pendidikan Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kreativitas dan Komunikasi Matematika. Penerbit NEM.
Amadea, K., & Ayuningtyas, M. D. (2020). Perbandingan efektivitas pembelajaran sinkronus dan asinkronus pada materi program linear. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111–120.
Dianita, E. R. (2020). Stereotip gender dalam profesi guru pendidikan anak usia dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(2), 87–105.
Evisetiawati, E. (2024). Hubungan Stereotip Gender dengan Presentasi Diri Siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Universitas Jambi.
Herdiman, I. (2017). Penerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran matematik siswa SMP. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3(2), 195–204.
Jamal, F. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyeselesaikan Soal Cerita Himpunan Bilangan Bulat Di Sd Negeri 5 Meulaboh. MAJU Jurnal Pendidikan Ilmu Matematika, 9(1), 29–39.
Kaselin, K., Sukestiyarno, S., & Waluya, B. (2013). Kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika dengan strategi REACT berbasis etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(2).
Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran matematika SD.
Munawir, M. (2023). Komunikasi Antar Jender. Ameena Journal, 1(1), 56–69.
Mz, Z. A. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 15–31.
Nurhayati, E. (2018). Psikologi perempuan dalam berbagai perspektif. Pustaka Pelajar.
Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan matematika siswa sekolah menengah pada pembelajaran matematika dalam jaringan. Jurnal Elemen, 7(2), 407–424.
Priatna, N., & Yuliardi, R. (2018). Pembelajaran Matematika. PT Remaja Rosdakarya.
Saaroh, F., Abdul Aziz, T., & Wijayanti, D. A. (2021). Analysis of Students’ Misconceptions on Solving Algebraic Contextual Problem. Risenologi, 6(1), 19–30. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61.165
Sari, W. M., & Susiloningsih, E. (2015). Penerapan model assure dengan metode problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1).
Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241–257.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. http://e-mosharafa.org/
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. 7(1).
Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran matematika untuk calon guru mi/sd. CV. Widya Puspita.
Yuliyanti L, R. I., & Tonra, W. S. (2021). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Teorema Pythagoras. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 192. https://doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3283
DOI: https://doi.org/10.32502/jp2m.v8i1.8794
EDITORIAL OFFICE
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Palembang
Jl. Jend. A. Yani 13 Ulu Palembang 30263
Email: jp2mump@gmail.com
OJS: http://http://jurnal.um-palembang.ac.id/jpmatematika
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA by http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/jpmatematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED By :